Studi peran ikatan keluarga Madura pada pemilihan walikota dan wakil walikota Surabaya di tengah pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Muhammad Harits (2021) Studi peran ikatan keluarga Madura pada pemilihan walikota dan wakil walikota Surabaya di tengah pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Harits Ramadhan_I01216024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan: mengenai efek dari adanya pandemi covid-19 yang berpengaruh pada proses perpolitikan di Indonesia khususnya peran relawan politik saat Pemilihan Umum Kepala Daerah. (1) bagaimana peran relawan politik dalam upaya pemenangan pasangan calon pada Pilkada di masa Pandemi Covid-19; (2) mengetahui bagaimana motivasi dari relawan politik Ikatan Keluarga Madura (Ikamra). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yang didasarkan pada kebutuhan penelitian. Konsep teori yang digunakan oleh peneliti adalah Relawan Politik oleh Kristin Samah dan Marketing Politik oleh Firmansyah. Hasil yang dapat disampaikan adalah: (1) Peran relawan Ikamra dalam upaya pemenangan pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman di pilkada Surabaya 2020 yakni dengan mengandalkan peran dari anggota-anggotanya yang memiliki pengaruh di wilayah tempat tinggal mereka dan membangun komunikasi dengan blater-blater serta tokoh masyarakat sekitar. Kemudian dengan mengajak pendukung calon Walikota Surabaya yang tidak mendapatkan rekomendasi dari partai politik untuk mendukung pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman. (2) Ikatan Keluarga Madura merupakan relawan politik yang terbentuk karena adanya kesamaan daerah asal dan kesamaan ideologi dan merupakan relawan kelompok. Serta menginginkan adanya timbal balik berupa jasa yaitu meresmikan Ikatan Keluarga Madura sebagai organisasi masyarakat yang berbadan hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Muhammad Haritsharitsramadhan07@gmail.comI01216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzaky.politikislam@gmail.com2030128201
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemilihan Umum
Keywords: Ikatan keluarga Madura; marketing politik; relawan politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Harits Ramadhan
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:50
Last Modified: 19 Sep 2023 00:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65178

Actions (login required)

View Item View Item