Hak khiyār dalam transaksi jual beli pakaian dan sepatu di akun instagram @subgloryhouse Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudoyono, Andika Santoso (2023) Hak khiyār dalam transaksi jual beli pakaian dan sepatu di akun instagram @subgloryhouse Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andika Santoso Yudoyono_C02219006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hak Khiyār dalam Transaksi Jual Beli Pakaian dan Sepatu di Akun Instagram @Subgloryhouse Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah bagaimana bentuk hak khiyār dalam transaksi jual beli pakaian dan sepatu di akun instagram @subgloryhouse Surabaya dan bagaimana analisis hak khiyār dalam transaksi jual beli pakaian dan sepatu di akun instagram @subgloryhouse Surabaya ? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan memakai pendekatan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan deskriptif induktif yang selanjutnya disusun dengan sistematis menjadi data yang konkrit mengenai bentuk hak khiyār dalam praktik jual beli pakaian dan sepatu di akun Instagram @subgloryhouse Surabaya. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam, Khiyār. Hasil penelitian dalam skripsi ini: pertama bentuk hak khiyār yang diterapkan dalam akun Instagram @subgloryhouse ada dua bentuk hak khiyār yakni khiyār sharaṭ dan khiyār ‘aib. Kedua, Pelaksanaan khiyār sharaṭ ada yang sesuai dan tidak sesuai dengan hukum Islam tergantung mengikuti pendapat ulama yang mana. Pelaksanaan khiyār ‘aib sudah dilakukan walaupun belum sempurna. Untuk khiyār ‘aib yang dibebankan kepada pembeli, Jika dilihat dari hukum Islam akad jual beli menjadi rusak, adanya tambahan biaya yang sebelumnya tidak diketahui pembeli saat diawal akad. Bagi penjual disarankan lebih memperhatikan barang yang akan dijual dan memberitahukan sejak awal terkait biaya ongkir pengembalian barang agar tidak merugikan pihak pembeli. Bagi pembeli hendaknya ketika menerima barang jangan lupa untuk melakukan pengambilan video pembukaan paket agar bisa menjadi bukti apabila terjadi hal yang dirugikan dalam kondisi barang yang diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudoyono, Andika Santosoandikasantoso11@gmail.comC02219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com2018017002
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Internet
Keywords: Hak khiyar; instagram ; jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Andika Santoso Yudoyono
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:22
Last Modified: 25 Sep 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65194

Actions (login required)

View Item View Item