This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hariyani, Eka Istih (2014) UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MA’ARIF NU PANDAAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Ma’arif NU Pandaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pembelajaran selanjutnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Ma’arif NU Pandaan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Mutu pembelajaran PAI sebelum ada upaya peningkatan mutu pembelajaran PAI adalah belum optimal, baik dari model, metode, teknik, dan prosedur pembelajaran. Dari segi hasil, baik Output maupun Outcome juga belum optimal, hal ini disebabkan kurangnya fasilitas, seperti media yang dapat mendukung pembelajaran dan guru yang belum dapat menerapkan model, metode, teknik, dan prosedur pembelajaran yang bervariasi, sehingga pembelajaran masih bersifat searah. (2) upaya peningkatan mutu pembelajaran dengan meningkatkan profesionalisme guru, yakni dengan mengikuti pelatihan, MGMP, dan KKG. Upaya peningkatan mutu pembelajaran juga dilakukan dengan menerapkan berbagai variasi model, metode, teknik, dan prosedur pembelajaran dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu hasil berupa output nilai UAS PAI adalah dengan mengadakan latihan mengerjakan kisi-kisi ujian dan remidial, sedangkan untuk hasil Outcome dengan mengadakan progam –progam keagamaan (3) Mutu pembelajaran pendidikan agama islam sesudah ada upaya peningkatan mutu pembelajaran PAI adalah ada perubahan dan peningkatan, model, metode, teknik, dan prosedur pembelajaran. Dan dari hasil Output dan Outcome sudah ada perubahan dan peningkatan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mahmudi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Mutu Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2015 08:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 08:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/652 |
Actions (login required)
View Item |