Efektivitas terapi muhasabah dengan sayyidul istighfar untuk mengurangi stres kerja pada pelaku UMKM Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Salsabilla (2023) Efektivitas terapi muhasabah dengan sayyidul istighfar untuk mengurangi stres kerja pada pelaku UMKM Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (80kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh terapi muhasabah dengan sayyidul istighfar untuk mengurangi stres kerja pada pelaku UMKM di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas terapi muhasabah dengan Sayyidul Istighfar dalam mengurangi stres kerja pada pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara terapi muhasabah dengan sayyidul istighfar dan stres kerja sebagai akibatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian menggunakan uji Paired Sample t-test menghasilkan signifikansi 0.000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh terapi muhasabah dengan sayyidul istighfar dalam mengurangi stres kerja pada pelaku UMKM di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik setelah diberikan treatment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Salsabillaslsbllrmdhn3@gmail.comB73219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi muhasabah; sayyidul istighfar; stres kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Salsabilla Ramadhani
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:26
Last Modified: 04 Sep 2023 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65201

Actions (login required)

View Item View Item