Fenomena spill-spill shopee dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ditinjau dari teori konsumerisme Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riyati, Yus (2023) Fenomena spill-spill shopee dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ditinjau dari teori konsumerisme Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yus Riyati_I93219103 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terdapat tiga permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yakni (1) Bagaimana fenomena spill-spill shopee berkembang dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) mengapa fenomena spill-spill shopee terjadi dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (3) Bagaimana bentuk perubahan perilaku konsumtif dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan adanya fenomena spill-spill shopee? Metode penelitain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan untutk menganalisis Fenomena “Spill-Spill Shopee” dikalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya adalah Teori Konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses berkembangnya fenomena spill-spill shopee berasal dari media sosial dan sesama mahasiswa. Media sosial yang digunakan untuk spill-spill shopee antara lain Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook, Youtube, dan Whatsapp. Selain sebagai penikmat adanya spill-spill shopee terdapat mahasiswa yang juga ikut membagikan potingan spill-spill di media sosial seperti Instagram dan Tiktok. (2) Alasan adanya spill-spill shopee dikalangan mahasiswa karena kemudahan yang diberikan, serta dengan menggunakan spill-spill shopee mahasiswa dapat menghemat waktu saat berbelanja online. selain itu terdapat berbagai jenis barang yang di promosikan melalui spill-spill shopee seperti produk fashion, kecantikan, dan jenis barang lainya. (3) bentuk perubahan perilaku yang dirasakan mahasiswa sesudah adanya spill-spill shopee menjadikan mahasiswa lebih sering berbelanja akibat dari kemudahan yang diberikan dari spill-spill shopee. selain itu adanya spill-spill shopee meningkatkan rasa ingin memiliki sesuatu barang atau produk berdasarkan nilai yang dimiliki bukan lagi berdasarkan kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riyati, Yusyusryone0123@gmail.comI93219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@hmail.com196705061993031002
Subjects: Sosiologi
Konsumen
Keywords: Konsumerisasi; Sophee
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Yus Riyati Teguh
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:05
Last Modified: 12 Oct 2023 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65203

Actions (login required)

View Item View Item