Studi analisis awal waktu salat dalam aplikasi Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan metode ephemeris

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firjatullah, Imawan (2023) Studi analisis awal waktu salat dalam aplikasi Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan metode ephemeris. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imawan Firjatullah_C06219017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skirpsi ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dimana Upaya Umat Muslim dalam menentukan waktu Sholat yang semakin maju dari era pada zaman Rasullah SAW sampai pada era saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana perhitungan waktu salat dalam aplikasi bank syariah Indoesia (BSI)? dan Bagaimana analisis hasil perhitungan waktu salat pada aplikasi bank syariah Indonesia (BSI)? dengan menggunakan metode ephemeris. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan astoarimatic (ilmu hitung astronomi). Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah adalah studi kepustakan, wawancara dan observasi. Selanjutnya, temuan pembahasan yang didapati pada penelitian ini yaitu dengan bantuan data ephemeris pada aplikasi android Bank Syariah Indonesia, maka dapat diperoleh hasil data deklinasi Matahari (δ m) dan equation of time (e) sesuai tanggal yang hendak akan dihisab waktu salatnya. Data-data δ m dan juga e menggunakan data pada jam yang semestinya, untuk awal waktu zhuhur kurang lebih pada pukul 12 WIB (pukul 5 GMT/UT), awal waktu asar kurang lebih pada pukul 15 WIB (pukul 8 GMT/UT), awal waktu magrib kurang lebih pada pukul 18 WIB (pukul 11 GMT/UT), awal waktu isya kurang lebih pukul 19 WIB (pukul 12 GMT/UT), dan juga awal waktu subuh kurang lebih pukul 4 WIB (pukul 21 GMT/UT pada hari sebelumnya). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di aplikasi Bank Syariah Indonesia dalam menentukkan awal waktu salat. Pertama, menggunakan metode alat bantu hitung modern. Kedua, aplikasi BSI menentukkan awal waktu salat menggunakan penghitungan modern merupakan alat yang sangat sederhana dan masih cukup relevan untuk menentukan waktu salat serta hasil perhitungan antara metode kontemporer dan metode ephemeris.Diharapkan kedepannya aplikasi ini harus bisa lebih teliti dan bisa dikaji dalam penentuan awal waktu salatnya sehingga lebih layak digunakan untuk masyarakat di era modern saat in dan untuk kedepannya nanti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firjatullah, Imawanimawanfirjatulla@gmail.comC06219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulthon, Sulthonsulthon@gmail.com2015057203
Subjects: Astronomi
Bank Islam
Salat
Keywords: Bank Syariah Indonesia, Ephemeris, Astronomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: S.H IMAWAN FIRJATULLAH
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:56
Last Modified: 21 Sep 2023 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65211

Actions (login required)

View Item View Item