Pengaruh penerapan good school governance terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (studi pada SDI Wachid Hasyim Rungkut Kidul Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilah, Kurnia Ulfah (2023) Pengaruh penerapan good school governance terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (studi pada SDI Wachid Hasyim Rungkut Kidul Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Ulfah Fadhilah_G72219053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh penerapan good school governance terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah ( Studi pada SDI Wachid Hasyim Rungkut Kidul, Surabaya )”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari pengisian kuisioner oleh 90 responden sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan metode disproportionate random sampling. Selain didapat dari kuisioner, peneliti juga melakukan wawancara pada pihak yang bersangkutan yakni bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS)serta Operator Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SDI Wachid Hasyim sebagai data yang juga menjadi penguat hasil penelitian ini. pada penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 23 untuk mengetahui pengaruh 6 prinsip Good School Governance terhadap efektivitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara parsial. Penelitian ini memberikan hasil bahwasannya secara parsial prinsip Transparansi, Akuntabilitas, Kemandirian, Keadilan, Partispasi, Orientasi Konsensus tidak berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan diatas, diharapkan bagi pihak sekolah agar kedepannya prinsip – prinsip tersebut dapat diterapkan lagi dengan lebih baik. Alangkah lebih baik, apabila pihak sekolah lebih terbuka dengan wali murid dengan cara menyampaikan secara terang terangan dan rutin sesuai dengan waktu yang ditentukan apa saja yang berhak wali murid ketahui mengenai pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilah, Kurnia Ulfahkurniaulfahfadhilah@gmail.comG72219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma@uinsby.ac.id-
Subjects: Akuntansi
Keuangan > Dana Bantuan
Keuangan
Keywords: Good school governance; dana bantuan operasional sekolah; efektivitas bos
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Kurnia Ulfah Fadhilah
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:30
Last Modified: 26 Sep 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65234

Actions (login required)

View Item View Item