Penilaian status ikan tuna sirip kuning berdasarkan domain sumberdaya ikan dan teknik penangkapan ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan kabupaten Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Fadila Angga (2023) Penilaian status ikan tuna sirip kuning berdasarkan domain sumberdaya ikan dan teknik penangkapan ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadila Angga Kurniawan_H74219026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan yang berdekatan dengan Samudera Hindia, menjadikannya potensi sumberdaya ikan yang melimpah. Potensi yang dimiliki seperti potensi kelautan, potensi pengembangan budidaya ikan, dan potensi pesisir. Salah satu ikan yang banyak dijadikan hasil tangkapan di Pelabuhan Tamperan yaitu ikan tuna sirip kuning. Ikan tuna sirip kuning menjadikan komoditas dengan kemampuan bereproduksi yang tinggi dan distribusinya di daerah tropis dan subtropis. Di Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan volume produksi perikanan tangkap pada tahun 2016 hingga 2018 telah mengalami penurunan sebanyak 21%. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dimana jumlah indikator yang dinilai pada penelitian ini sebanyak 12 indikator yang tergabung kedalam dua domain EAFM yaitu domain Sumberdaya Ikan dan domain Teknik Penangkapan Ikan. Hasil domain sumberdaya ikan didapatkan nilai 77 tergolong “BAIK”. Nilai yang didapatkan pada masing-masing indikator yaitu CPUE (120), tren ukuran ikan (40), proporsi ikan yuwana yang tertangkap (15), komposisi spesies hasil tangkapan (30), range collapse sumberdaya ikan (10), dan spesies ETP (15). Hasil domain teknik penangkapan ikan mendapatkan nilai 82 tergolong “BAIK”. Nilai yang didapatkan oleh masing-masing indikator yaitu indikator penangkapan ikan destruktif (90), modifikasi alat tangkap ikan dan alat bantu penangkapan (25), kapasitas perikanan dan upaya penangkapan (15), selektivitas penangkapan (45), kesesuaian fungsi dan ukuran kapal penangkapan ikan dengan dokumen legal (30), dan sertifikat awak kapal perikanan sesuai dengan peraturan (5).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Fadila Anggafadilaanggakurniawan@gmail.comH74219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorHalim, Abdulhalimwahid70@gmail.com2012087001
Subjects: Ikan > Menangkap Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: Sumberdaya ikan; teknik penangkapan ikan; pelabuhan tamperan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Fadila Angga Kurniawan
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:03
Last Modified: 21 Sep 2023 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65239

Actions (login required)

View Item View Item