Pengaruh literasi keuangan dan tingkat pendapatan terhadap akuntansi rumah tangga dengan financial self-efficacy sebagai variabel mediasi: studi empiris ibu rumah tangga Kec.Kanigoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Sindhi Rachma (2023) Pengaruh literasi keuangan dan tingkat pendapatan terhadap akuntansi rumah tangga dengan financial self-efficacy sebagai variabel mediasi: studi empiris ibu rumah tangga Kec.Kanigoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sindhi Rachma Ningrum_G92219122 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan program IBM SPSS 25. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan pemilihan sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi (random sampling). Pengumpulan data menggunakan kusioner dengan sampel ibu rumah tangga di kecamatan Kanigoro berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan uji T, koefisien determinasi dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan uji Sobel Test yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan Literasi keuangan, pendapatan dan financial self-efficancy berpengaruh langsung terhadap akuntansi rumah tangga, sedangkan financial self-efficacy dapat memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap akuntansi rumah tangga, kemudian financial self-efficacy tidak dapat memediasi pengaruh tingkat pendapatan terhadap akuntansi rumah tangga. Literasi keuangan ibu rumah tangga sebagai kontrol perilaku dalam mengelola keuangan rumah tangga. Sedangkan, pendapatan dalam rumah tangga tidak mempengaruhi kemampuan pengelolaan keuangan rumah tangga dalam melakukan pencatatan akuntansi rumah tangga. financial self efficancy merupakan niat keyakinan bisa menggunakan akuntansi rumah tangga untuk menyelesaikan masalah keuanganya dengan baik. Melakukan akuntansi rumah tangga dapat mengurangi perceraian yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya hal tersebut peneliti selanjutnya memfokuskan objek pada desa tertentu dengan sampel relative banyak, sehingga dapat dikembangkan objek yang luas dan variabel yang bervariasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Sindhi Rachmasindhi1910@gmail.comG92219122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'adah, Mazro'atusmazroatus.saadah@gmail.com2027087703
Subjects: Akuntansi
Keywords: literasi keuangan; pendapatan; akuntansi rumah tangga; financial self- efficacy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sindhi Ningrum
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:30
Last Modified: 21 Sep 2023 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65257

Actions (login required)

View Item View Item