Bonek santri dan akhlak sosial: studi perilaku sosial burrhus frederic skinner di komunitas Bonek Medokan Ayu Soerabadja (BOMS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahida, Kafa Billahi (2023) Bonek santri dan akhlak sosial: studi perilaku sosial burrhus frederic skinner di komunitas Bonek Medokan Ayu Soerabadja (BOMS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kafa Billahi Syahida_I93219087 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji studi perilaku sosial antara bonek santri dan akhlak sosial melalui kelompok sosial bonek medokan dengan nama BOM’S terhadap masyarakat sekitar melalui media pesantren. Pesantren memiliki peran penting sebagai lembaga pendidikan keagamaan, dan kehadirannya diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam membentuk pola kehidupan pesantren. Medokan Ayu Kota Surabaya merupakan salah satu wilayah di Kota Surabaya yang masih kental dengan nuansa Pondok Pesantren. Hal ini menjadikan dominasi atau mayoritas di wilayah Medokan Ayu mendapatkan julukan masyarakat santri. Penelitian ini merupakan proses investigasi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk memahami situasi sosial, peristiwa, peran, interaksi, dan kelompok. Proses terbentuknya tipologi Bonek Santri dan Komunitas BOMS (Bonek Medokan Ayu Soerabadja) berdasarkan dari kultur masyarakat Medokan Ayu yang agamis-tradisionalis serta memiliki historis sebagai pejuang kemerdekaan sehingga memuat karakter Komunitas BOMS yang mempunyai nilai-nilai keagamaan. Komunitas BOMS memiliki peran penting dalam kegiatan yang diadakan di Kampung Medokan Ayu yang mana sebagian besar dari mereka diberi tanggungjawab untuk menjadi bagian penting dari kelembagaan pemuda-pemudi di Wilayah Medokan Ayu dan adanya pola interaksi yang sama dari anggota seperti sikap adil, saling menyayangi, dan cinta sesama yang terkandung dalam ciri-ciri akhlak sosial telah dilakukan oleh Komunitas BOMS, terutama dalam implementasi akhlak sosial yang ditunjukkan oleh anggota Komunitas BOMS. Bentuk gerakan sosial kemasyarakatan yang dilakukan menunjukkan adanya salah satu indikator bahwa penanaman karakter yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulad Surabaya dapat tersebar atau terdistribusi dengan tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahida, Kafa Billahikafabillahi881@gmail.comI93219087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Budaya - Agama
Masyarakat
Sepak Bola
Santri
Keywords: Pondok; Pesantren; Bonek; Santri; Akhlak; Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Kafa Billahi Syahida
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:00
Last Modified: 11 Oct 2023 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65260

Actions (login required)

View Item View Item