Skrining bakteri Hidrokarbonoklastik dari Rhizosfer Lamun sebagai potensi Pendegradasi Minyak Solar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumala, Yufinca Mellyafara Indra (2022) Skrining bakteri Hidrokarbonoklastik dari Rhizosfer Lamun sebagai potensi Pendegradasi Minyak Solar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yufinca Mellyafara_H04218012 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan bakteri diketahui melimpah pada lapisan tanah bagian rhizosfer jika dibandingkan dengan lingkungan lainnya (non rhizosfer), Tumbuhan lamun akan mengeluarkan senyawa organik dan enzim melalui akar yang menyebabkan lingkungan rizhosfer lamun menjadi lingkungan ideal bagi bakteri untuk dapat tumbuh. Kondisi ekosistem padang lamun di Indonesia mengalami ancaman kerusakan dan penurunan luasan akibat berbagai tekanan lingkungan diantaranya pencemaran minyak di laut. Penanggulangan cemaran minyak pada lingkungan perairan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, dan bioremediasi merupakan teknik yang paling sering digunakan untuk mengatasi pencemaran minyak dengan memanfaatkan aktivitas bakteri hidrokarbonoklastik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh isolat bakteri hidrokarbonoklastik dari rhizosfer lamun dan mengetahui kemampuan masing-masing isolat bakteri dalam mendegradasi minyak solar. Sampel yang digunakan berupa tanah lapisan rhizosfer dari tumbuhan lamun di perairan Desa Tunggul, Lamongan. Bakteri hidrokarbonoklastik diisolasi menggunakan media Bushnell Haas Media Salt (BHMS) dan hidrokarbon jenis minyak solar sebelum diuji kemampuannya dalam mendegradasi minyak solar. Uji kemampuan degradasi minyak meliputi uji pertumbuhan bakteri dan persentase kemampuan degradasi menggunakan metode gravimetri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima isolat bakteri hidrokarbonoklastik yang diperoleh yaitu Klebsiella, Pseudomonas, Bacillus, Enterobacter, dan Sporosarcina. Kemampuan degradasi minyak solar tertinggi dimiliki oleh bakteri Pseudomonas yang dapat mendegradasi minyak solar hingga 90% dan Bacillus sebesar 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumala, Yufinca Mellyafara Indrayufincamell@gmail.comH04218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com; mauludiyah@uinsby.ac.id2017118204
Thesis advisorHalim, Abdulhalimwahid70@gmail.com abdulhaliminkafa05@gmail.com2012087001
Subjects: Ilmu Kelautan
Lingkungan Hidup
Keywords: rhizosfer lamun; bakteri hidrokarbonoklastik; solar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Yufinca Mellyafara Indra Kumala
Date Deposited: 04 Oct 2023 00:50
Last Modified: 04 Oct 2023 00:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65268

Actions (login required)

View Item View Item