Desakralisasi Kiai dalam pemilihan gubernur Jawa Timur 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nawas, Robeth Saifun (2019) Desakralisasi Kiai dalam pemilihan gubernur Jawa Timur 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robeth Saifun Nawas_E04213090.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena Desakralisasi Politik Kiai dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, Studi Kasus Kiai Abdul Ghofur Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Pertanyaan penelitian ini adalah membahas mengapa masyarakat Desa Banjarwati banyak yang berbeda pilihan dengan Kiai Abdul Ghofur dan Bagaimana perspektif masyarakat terhadap anjuran kiai dalam menentukan pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional dan teori komunikasi politik. Dalam penelitian ini teori pilihan rasional digunakan sebagai alat analisis dalam mengklasifikasikan masyarakat Desa Banjarwati pada pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan dlam penelitian ini adalah tokoh agama, unsur pemerintah dan juga masyarakat Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) masyarakat di Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan cenderung memiliki pola piker sesuai kesadaran mereka masing-masing, seperti hasil data yang terungkap bahwa masyarakat tanpa mengurangi rasa hormatnya kepada seorang kiai, mereka tetap berlandaskan asas pilihan rasionalnya untuk menentukan calon pemimpin di Jawa timur tahun 2018. (2) perspektif masyarakat terhadap anjuran kiai dalam menentukan pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 adalah mereka tetap memilih sesuai dengan pendiriannya dan hati nurani mereka masing-masing. Namun mereka tetap menghormati anjuran kiai, dan tidak melakukan tindakan yang dapat melecehkan atau membully kiai, dan juga tidak membanding-bandingkan kiai yang mendukung paslon yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nawas, Robeth Saifunrobethsaja@gmail.comE04213090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Masyarakat
Politik > Politik Islam
Ulama
Keywords: Desakralisasi politik Kiai; strategi politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Robeth Saifun Nawas
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:31
Last Modified: 25 Sep 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65272

Actions (login required)

View Item View Item