Cerai talak akibat ketidakharmonisan yang disebabkan hutang piutang istri tanpa sepengetahuan suami dalam putusan no. 1299/Pdt.G/2021/PA/Bkl menurut perspektif hukum islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al-Hafizh, Muhammad Asyraf (2023) Cerai talak akibat ketidakharmonisan yang disebabkan hutang piutang istri tanpa sepengetahuan suami dalam putusan no. 1299/Pdt.G/2021/PA/Bkl menurut perspektif hukum islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Asyraf Al-Hafizh_C91219131 OK.pdf

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk ke dalam studi hukum normatif dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah statue approach, konseptual approach, dan case approach untuk menganalisis Putusan No. 1299/dt.G/2021/PA.Bkl tentang Cerai Talak Akibat Hutang Piutang Istri Tanpa Sepengetahuan Suami menurut perspektif hukum Islam.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Berdasarkan fakta dan pertimbangan-pertimbangan yang didapatkan, Majelis Hakim menyimpulkan bahwa rumah tangga pemohon dan termohon sudah tidak harmonis, sehingga memberi izin kepada Pemohon untuk menjatuhkan talak satu raj’i terhadap Termohon. 2) Secara hukum Islam, talak yang dilakukan sudah sesuai dikarenakan untuk menghindari mudarat dan penderitaan fisik maupun psikis kedua belah pihak. Adapun perbuatan termohon untuk berhutang adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga. Meskipun tanpa sepengetahuan pemohon, hal ini tetap diperbolehkan karena mendesak. Sebab, pemohon kurang memberikan hak nafkah dalam hubungan rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al-Hafizh, Muhammad Asyrafalhafizh2205@gmail.comC91219131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Peradilan Islam
Talak
Keywords: Cerai; Hutang Piutang; Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S.H Muhammad Asyraf Al Hafizh
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:29
Last Modified: 26 Sep 2023 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65273

Actions (login required)

View Item View Item