Ayat-ayat penciptaan alam raya dalam sittah ayyam perspektif Muhammad Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Moh. Kholilur (2023) Ayat-ayat penciptaan alam raya dalam sittah ayyam perspektif Muhammad Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Kholilur Rahman_E93219104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada banyak perbedaan pendapat dalam menafsirkan ayat-ayat sittah ayya>m, ada yang mengatakan bahwa enam hari yang dimaksud sama dengan harihari yang dipahami manusia saat ini, ada juga yang memahami bahwa enam hari yang dimaksud yakni hari disisi Allah SWT. Satu hari di sisi Allah SWT, sama dengan seribu tahun hitungan manusia. Penelitian ini lebih tertarik terhadap penafsiran Muhammad Quraish Shihab. Dalam menafsirkan ayat-ayat sittah ayya>m, ia mengatakan bahwa alam raya ini tidak membutuhkan waktu. Masalah dalam penelitian ini adalah pertama, analisis penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam kitab al-Misbah tentang penciptaan alam semesta. Yang kedua, pesan moral penafsiran Muhammad Quraish Shihab terhadap masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan penelitiannya menggunakan jenis kajian kepustakaan (library research). Tafsirnya dalam penelitian ini menggunakan jenis penyajian maudu’i, dengan mengumpulkan serta mencari ayat-ayat yang memiliki koteks keterkaitan. Hasil penelitian ini adalah Muhammad sittah ayya>m mempunyai makna periode atau masa. Sedangkan dalam menafsirkan ayat-ayat sittah ayya>m, Shihab mengatakan bahwa ayat tersebut mengisyaratkan tentang kuasa, ilmu dan hikmahNya. Jika merujuk ke kuasa-Nya tidak membutuhkan waktu, ilmu dan hikmah-Nya ini yang menjadikan alam raya tercipta dalam enam hari. Pesan moral yang disampaikan Shihab di kitab-Nya, tafsir al-Misbah yakni dalam melakukan sesuatu seharusnya dilakukan dengan teliti tanpa terburu-buru seperti halnya alam raya ini yang membutuhkan waktu yang sangat panjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Moh. Kholilurmohkholilurrahman173@gmail.comE93219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamaang.efha@gmail.com2006075901
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Astronomi
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Muhammad Quraish Shihab; sittah ayyam; alam raya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Moh. Kholilur Rahman
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:33
Last Modified: 22 Sep 2023 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65290

Actions (login required)

View Item View Item