Pengaruh PDRB, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah wilayah aglomerasi gerbang kertasusila tahun 2016-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghifari, Muhammad Kemal (2023) Pengaruh PDRB, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah wilayah aglomerasi gerbang kertasusila tahun 2016-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Kemal Ghifari_G91219089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendapatan asli daerah (PAD) merupakan salah satu parameter untuk melihat kemampuan dari suatu daerah. Wilayah aglomerasi gerbang kertasusila merupakan wilayah aglomerasi terbesar kedua setelah JABODETABEK. Hal ini juga diikuti dengan tingkat jumlah penduduk yang padat, sebagai pusat perekonomian, hingga tingkat infrastruktur yang mencukupi. Oleh karena itu penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB, pengeluaran pemerintah, jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah di Kota/Kabupaten wilayah aglomerasi gerbang kertasusila periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Kementerian Keuangan, serta sumber acuan lain seperti jurnal dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel untuk melakukan analisis pengaruh PDRB, pengeluaran pemerintah dan jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah di Kota/Kabupaten wilayah aglomerasi gerbang kertasusila tahun 2016-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PDRB berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan asli daerah ditunjukkan dengan nilai t-hitung 12,809 > t-tabel 2,039. Pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan asli daerah ditunjukkan dengan nilai t-hitung 0,926 < t-tabel 2,039. Jumlah penduduk tidak berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan asli daerah ditunjukkan dengan t-hitung -0,492 < t-tabel 2,039. PDRB, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah ditunjukkan dengan f-hitung 425,709 > f-tabel 2,91. Serta nilai koefisien determinasi memiliki pengaruh sekitar 97,4% terhadap pendapatan asli daerah, sedangkan sisa 2,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini. Pemerintah diharapkan dapat mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari pengeluaran yang dilakukan supaya target yang ingin dicapai dapat sesuai harapan, serta diharapkan adanya upaya untuk meningkatkan penerimaan PAD terutama melalui kebijakan dalam pemungutan pajak dan retribusi daerah agar masyarakat meningkatkan kepatuhannya dalam membayar pajak dan retribusi daerah guna peningkatan pada kegiatan perekonomian serta peningkatan pada pendapatan asli daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghifari, Muhammad Kemalg91219089@student.uinsby.ac.idG91219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahaabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keuangan
Keywords: Produk domestik regional bruto; pengeluaran pemerintah; jumlah penduduk; pendapatan asli daerah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Kemal Ghifari
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:07
Last Modified: 25 Sep 2023 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65294

Actions (login required)

View Item View Item