Implementasi blue economy pada sektor kelautan di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Hani (2023) Implementasi blue economy pada sektor kelautan di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Hani Mukaromah_G91219076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang menggunakan pendeketan kualitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini terkait implementasi blue economy dan kendala yang terjadi serta solusi dalam proses implementasi blue economy pada sektor kelautan di wilayah pesisir Kenjeran Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan jenis data primer dan sekunder. Wilayah pesisir memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Kenjeran merupakan wilayah pesisir yang terletak di Kota Surabaya. Potensi kawasan pesisir menjadikan Kenjeran menjadi salah satu tumpuan kegiatan perekonomian masyarakat di sekitarnya. Semakin banyak potensi yang dimiliki suatu daerah maka semakin besar frekuensi pemanfaatannya. Pemanfaatan sumber daya yang tidak diimbangi dengan arahan dan pelestarian akan berdampak pada kerusakan lingkungan dan memungkinkan terjadi kepunahan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terkait penerapan blue economy yang ditinjau melalui prinsip dan indikator di dalamnya. Blue economy merupakan konsep yang berusaha melakukan pemanfaatan sumber daya secara efisien sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blue economy di wilayah pesisir Kenjeran Surabaya terimplementasi dengan baik. Ditinjau dari terlaksananya tiga dari empat prinsip yang menjadi acuan dalam penilaian blue economy. Tiga prinsip terlaksana diantaranya efisiensi alam, kepedulian sosial dan multiple revenue. Sedangkan satu prinsip dalam tahap pengupayaan yakni zero waste. Meski demikian, beberapa kendala masih terjadi dalam proses penerapannya. Terkikisnya sumber daya dan limbah hasil pengolahan ikan asap menjadi kendala yang cukup memberikan dampak pada kondisi wilayah pesisir Kenjeran Surabaya. Namun, solusi dalam menghadapi permasalahan tersebut terus diupayakan pemerintah. Namun, perlu adanya sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai penerapan blue economy yang optimal dan pesisir Kenjeran yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Hanihanimukaromah22@gmail.comG91219076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Hukum Ekonomi
Kebudayaan
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Sumber daya laut; blue economy; pesisir kenjeran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hani Mukaromah
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:10
Last Modified: 20 Sep 2023 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65328

Actions (login required)

View Item View Item