Ekspresi keagamaan Mahasiswi pada Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) Universitas Airlangga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umaroh, Ria (2023) Ekspresi keagamaan Mahasiswi pada Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) Universitas Airlangga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ria Umaroh_E02219029 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan melihat dari keagaman kepercayaan para mahasiswa Universitas Airlangga maka peneliti mempunyai ketertarikan untuk meneliti sisi keagamaan yang dalam hal ini agama islam sebagaimana objeknya memilih UKMKI. Dilihat dari sebuah literasi yang menyatakan bahwa indikator universitas menjadi terbaik bukan dilihat dari sisi agama namun lebih kepada prospek di dunia kerja dan pendidikan sehingga mempunyai celah untuk diteliti. Mengingat Universitas Airlangga merupakan universitas umum yang tidak membuka jurusan atau program studi yang memfokuskan diri dalam suatu agama. UKMKI ada untuk menunjang sisi keagamaan mahasiswa Islam di Universiras Airlangga tersebut. Penelitian ini membahas tentang ekspresi keberagamaan mahasiswi pada unit kegiatan mahasiswa kerohanian Islam Universitas Airlangga. Kajian ini dilatar belakangi . Studi dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana bentuk ekspresi keberagamaan mahasiwi dari UKMKI Universitas Airlangga? (2) apa yang melatarbelakangi tindakan mahasiswi UKMKI Universitas Airlangga dalam perkembangan dan dinamika keagamaan yang dialami? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di unit kegiatan mahasiswa kerohanian Islam, di Kampus B Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis maupun lisan atau perilaku dari mahasiswi UKMKI Universitas Airlangga yang diamati. Metode pengumpulan data, menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pembentukan kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umaroh, Riariaumaroh631@gmail.comE02219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfdillah, Muhammadm.afdillah@uinsby.ac.id1982204212009011013
Subjects: Dakwah
Islam, Pakaian dan Perhiasan
Keywords: Ekspresi keagamaan; UKMKI
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ria Umaroh
Date Deposited: 21 Sep 2023 14:15
Last Modified: 21 Sep 2023 14:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65333

Actions (login required)

View Item View Item