Pengaruh penggunaan media Mozaik terhadap kreativitas siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Kelas IV MI Hasyim Asyari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Anggun Eka Adindah (2023) Pengaruh penggunaan media Mozaik terhadap kreativitas siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Kelas IV MI Hasyim Asyari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Eka Adindah Putri_D77218028 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi karena jarangnya penggunaan kerajinan mozaik yang dilaksanakan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Penelitian ini berupaya mengetahui dampak penggunaan media mozaik terhadap kreativitas siswa kelas IV yang di asumsikan pembelajaran menggunakan media mozaik di kelas Eksperimen dengan praktek membuat karya mozaik lebih baik daripada kelas Kontrol yang hanya menggunakan pemahaman melalui penjelasan video tanpa dibarengi dengan penjelasan guru di MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol, jadi yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang menggunakan skala Likert yang diberikan melalui pretest dan posttest. Analisis penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV lebih berpengaruh dengan adanya praktik langsung membuat karya mozaik. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan adalah 40,90 sedangkan hasil rata-rata nilai sesudah diberi perlakuan adalah 53,65. 2) hasil perhitungan dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media mozaik terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Anggun Eka Adindahanggunadindah@gmail.comD77218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Budaya
Keywords: Media mozaik; kreativitas siswa; pembelajaran seni budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggun Eka Adindah Putri
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:25
Last Modified: 02 Oct 2023 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65334

Actions (login required)

View Item View Item