Keanekaragaman subordo serpentes di pulau Sempu kabupaten Malang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Syauqy (2022) Keanekaragaman subordo serpentes di pulau Sempu kabupaten Malang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syauqy Abdillah_H01218013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keanekaragaman Subordo Serpentes memiliki peranan penting dalam ekosistem dan digunakan sebagai salah satu parameter kualitas lingkungan. Tingginya keanekaragaman Subordo Serpentes di Indonesia tidak diimbangi dengan penelitian dan publikasi yang memadai. Pulau Sempu merupakan kawasan Cagar Alam yang berpotensi sebagai habitat alami dari semua jenis hewan khususnya Subordo Serpentes karena memiliki temperatur yang stabil dan banyak habitat yang masih alami. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apa saja jenis ular yang berada di Pulau Sempu dan bagaimana keanekaragaman, tingkat kemelimpahan, dan dominansi Subordo Serpentes di Pulau Sempu. Metode penelitian ini mengguanakan metode deskriptif eksploratif yaitu dengan cara mengeksplorasi jalur-jalur di Pulau Sempu Subordo Serpentes yang ditemukan akan dilakukan pengukuran morfometri yaitu dengan cara mengukur tubuh ular yang meliputi panjang tubuh, panjang ekor, panjang total, jumlah sisik, dan jenis kelamin. Penelitian ini menemukan ular sebanyak 6 spesies. Enam spesies yang ditemukan terdiri dari golongan ular Aglypha, Solenoglypha, dan
Ophistoglypha. Spesies ular yang telah ditemukan di Pulau Sempu tergolong dari famili Colubridae sebanyak 4 spesies dari 3 genus yang berbeda, yaitu spesies Dendrelaphis pictus genus Dendrelaphis, spesies Ahaetulla nasuta dan Ahaetulla prasina genus Ahaetulla, dan spesies Chrysopelea paradisi genus Chrysopelea. Sedangkan 2 spesies lainnya yaitu famili Viperidae dengan nama spesies Cryptelytrops albolabris genus Cryptelytrops, dan famili Pythonidae dengan nama spesies Malayopython reticulatus genus Malayopython. Indeks Keanekaragaman (H‟) di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu yaitu 1,79 dengan nilai keanekaragaman yang sedang, nilai kemerataan (E) 1 dan menunjukkan bahwa Subordo yang ditemukan di Pulau Sempu memiliki nilai yang merata dan komunitas stabil, dan nilai dominansi (C) 0,17 dengan nilai dominansi yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Syauqysyauqyabdillah27@gmail.comH01218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFIRDHAUSI, NIRMALA FITRIAnirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorJARIYAH, ITA AINUNita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: Keanekaragaman; eksploratif; subordo serpentes; pulau sempu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Syauqy Abdillah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:41
Last Modified: 26 Sep 2023 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65353

Actions (login required)

View Item View Item