Pengaruh pengetahuan nasabah dan inovasi produk pesta hadiah terhadap minat nasabah dalam menabung pada Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Nabila (2023) Pengaruh pengetahuan nasabah dan inovasi produk pesta hadiah terhadap minat nasabah dalam menabung pada Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila_G74218108 OK.pdf

Download (965kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui pengaruh pengetahuan nasabah dan inovasi produk pesta hadiah terhadap minat nasabah dalam menabung pada Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survey dan teknik pengambilan sampel yaitu Non Probability Sampling dan jenis teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur yang sudah pernah menabung menggunakan tabungan di BSI dan calon nasabah yang akan hendak atau minat membuka tabungan untuk menabung di BSI KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 96 responden dan analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan IBM SPSS versi 26. Metode analisis yang digunakan penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t atau secara parsial menunjukkan bahwa pengetahuan nasabah terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat dengan nilai thitung 2,928 > ttabel 1,98580 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dan secara parsial inovasi produk pesta hadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dengan nilai thitung 5,705 > ttabel 1,98580 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kemudian juga terdapat pengaruh secara simultan antara pengetahuan nasabah dan inovasi produk pesta hadiah terhadap minat dengan nilai Fhitung 49,536 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Implikasi 1) Bagi perusahaan Bank Syariah Indonesia agar lebih luas dalam melakukan sosialisasi baik dalam media cetak, elektronik maupun dengan pendekatan langsung kepada calon nasabah maupun yang sudah menjadi nasabah, Sehingga pengetahuan tentang Perbankan Syariah akan lebih luas dan lebih di mengerti khususnya perbedaan di Bank Syariah dan Bank Konvensional. Dan juga dalam menyebarkan informasi terbaru terkait produk tabungan atau mempromosikan adanya inovasi produk tabungan yaitu program pesta hadiah di Bank Syariah Indonesia, khususnya kepada calon nasabah agar dapat menarik minat menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur. 2) Kepada Nasabah dan Calon Nasabah bisa mencari seputar informasi terkait Bank Syariah Indonesia dari media massa maupun media cetak seperti internet web khusus Bank Syariah Indonesia, agar dapat meningkatkan minat dalam menabung dan meningkatkan minat menabung ulang di Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Ampel Mas Mansyur. 3) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan adanya penelitian dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya sebagai referensi data. Serta dapat memperluas variabel yang akan diteliti atau meningkatkan berbagai penggunaan variabel dengan memperbesar ukuran sampel yang berbeda dengan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Nabilanabila.elsa100@gmail.comG74218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Terapi Asertif; Istighfar; Duck Syndrome
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nabila Nabila
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:35
Last Modified: 26 Sep 2023 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65356

Actions (login required)

View Item View Item