Rasionalitas petani muslim dalam menjual lahan pertanian di Desa Ngasin Balongpanggang Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Siti (2022) Rasionalitas petani muslim dalam menjual lahan pertanian di Desa Ngasin Balongpanggang Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khotimah_I93218090 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan jual beli lahan pertanian di Desa Ngasin bisa dibilang cukup tinggi kisaran antara 100 lebih transaksi yang dilakukan lima tahun terakhir ini. Pada penelitian ini mengkaji makna bertani bagi masyarakat muslim, proses jual beli tanah dikalangan masyarakat muslim serta alasan-alasan para petani muslim dalam menentukan pilihannya dalam menjual lahan pertanian dengan mengamati sisi ideologi keislaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Data dihimpun melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisisnya melalui reduksi, display dan mengambilkesimpulan.Fenomeno yang terjadi dilapangan dianalisis dengan menggunakan teori pilihan rasional James Collman, mempertimbangkan pilihannya dengan melihat tujuan yang ingin dicapai, nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat. Bahwa sebagai seorang muslim apa yang menjadi pertimbangan mereka dengan meninjau juga terkait komitmen mereka sebagai seorang muslim, dengan menerapkan aturan-aturan dalam agama islam dalam memutuskan suatu hal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bertani bagi masyarakat muslim bermakna religius, tidak hanya ekonomi. Dalam proses transaksi lahan sendiri status legalitas dari lahan tersebut berpengaruh pada setiap prosesnya. Beberapa alasan yang menjadikan rasionalitas aktor menjual lahan pertanian adalah kondisi ekonomi, kondisi geografis, norma dan nilai sosial juga komitmen keagamaan seorang petani yang berkeyakinan sebagai seorang muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Sitisitiimah07@gmail.comI93218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisa_umsida67@yahoo.com2006056701
Subjects: Agama
Pertanian
Sosiologi Islam
Keywords: Rasionalitas; penjualan; lahan pertanian; petani; komitmen agama
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Siti khotimah Khotimah
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:31
Last Modified: 20 Sep 2023 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65358

Actions (login required)

View Item View Item