Tinjauan kriminologi dan hukum pidana islam terhadap pelaku penjualan minuman keras oplosan: studi kasus di Polsek Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfalah, Fajar (2023) Tinjauan kriminologi dan hukum pidana islam terhadap pelaku penjualan minuman keras oplosan: studi kasus di Polsek Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajar Nurfalah_C03219014 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan di dalam skripsi ini menjelaskan mengenai tindakan yang dilarang pemerintah dan agama yaitu penjualan minuman keras oplosan yang dikaji dengan menggunakan kriminologi dan hukum pidana Islam. Skripsi ini yang bertujuan untuk mengetahui penyebab pelaku melakukan penjualan minuman keras dalam perspektif kriminologi dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap pelaku penjualan minuman keras. Jenis penelitian ini merupakan suatu bentuk penelitian hukum empiris yang fokus pada kriminologi dan hukum pidana Islam. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber informasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pelaku yang menjadi narasumber. Sementara itu, data sekunder diperoleh melalui penelaahan buku, jurnal, bunga rampai, dan sumber-sumber yang tersedia di internet. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan hasil dari data yang diperoleh menggunakan kalimat dan kata-kata yang mudah dipahami. Berdasarkan fakta lapangan mengenai pelaku penjualan minuman keras yang apabila dianalisis dalam hukum pidana Islam dan kriminologi adalah sebagai berikut: pertama, dalam hukum pidana Islam penyebab pelaku penjualan minuman keras yang ada di Kecamatan Tulangan yaitu terdapat kebebasan dalam pilihannya (freewill) dan juga terikat dengan keadaan (determinisme). Dalam kriminologi mengenai pelaku penjualan minuman keras meninjau sebab-sebab pelaku melakukan penjualan minuman keras. Berdasarkan fakta tersebut, maka penulis merekomendasikan agar membentuk sebuah peraturan yang lebih tegas dan setimpal dari perbuatan pelaku yang menjual minuman keras. Hukuman yang tegas dan setimpal supaya pelaku ini merasakan efek jera serta juga memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar Kecamatan Tulangan, agar mereka tahu bahwa dampak dari minuman keras ini sangat bahaya. Masyarakat juga berperan dalam upaya hukum dan juga turut serta membantu aparat penegak hukum untuk menjadikan daerah tersebut terhindar dari maraknya minuman keras.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfalah, Fajarfajarnurfalah170101@gmail.comC03219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubarok, Nafi'nafi.mubarok@gmail.com2014047401
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Kriminologi
Minuman Keras
Keywords: Miras oplosan; Miras
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fajar Nurfalah
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:01
Last Modified: 29 Sep 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65365

Actions (login required)

View Item View Item