Implementasi asas-asas umum pemerintahan yang baik sebagai upaya penanggulangan tax avoidance yang dilakukan oleh pengusaha kena pajak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Risantiano, Ahmadin Yazid (2023) Implementasi asas-asas umum pemerintahan yang baik sebagai upaya penanggulangan tax avoidance yang dilakukan oleh pengusaha kena pajak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmadin Yazid Risantiano_C97219026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tax avoidance merupakan suatu permasalahan yang unik, karena tax avoidance merupakan hal yang tidak diinginkan bagi pemerintah namun di sisi lain tindakan tersebut tergolong legal dan tidak melanggar hukum karena metode dan teknik yang digunakan ialah dengan memanfaatkan celah hukum yang terdapat dalam undang-undang dan peraturan perpajakan itu sendiri. Walaupun di Indonesia sendiri sudah ada pengaturan tentang penghindaran pajak tetapi masih belum diatur secara ketat. Skripsi ini menjawab terkait dua pertanyaan yang telah dituangkan dalam rumusan masalah: bagaimana bentuk-bentuk tax avoidance yang dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak; bagaimana implementasi asas-asas umum pemerintahan yang baik sebagai penanggulangan tax avoidance. Jenis penelitian dalam skripsi ini yakni penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statuta approach) yang mengkaji beberapa Undang-Undang yang mengatur terkait pengaturan penghindaran pajak dan juga Undang-Undang Administrasi Pemerintah. Sumber bahan hukum yang digunakan penelitian ini berupa bahan hukum primer dan sekunder. Bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan yang relevan terkait penghindaran pajak dan juga terkait administrasi pemerintah. Serta bahan hukum sekunder dengan berdasar pada literatur yang relevan yakni jurnal dan buku yang berkaitan dengan penanggulangan tax avoidance. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan menggunakan studi pustaka (literatur) terhadap bahan hukum terkait kemudian setelah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik interpretasi sistematis metode untuk menafsirkan peraturan perundang-undangan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama bentuk-bentuk tax avoidance yang dilakukan oleh pengusaha kena pajak ada 4 yaitu transfer pricing, thin capitalization, pembayaran ke tax heaven country, dan treaty shopping. Kedua implementasi AUPB sebagai penanggulangan tax avoidance, pejabat yang berwenang dapat berpedoman dan menerapkan asas-asas umum pemerintahan yang baik, yang ada dalam pasal 10 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan. Walaupun terdapat beberapa peraturan perundang-undangan yang di dalamnya memuat tentang pengaturan terkait penghindaran pajak namun masih belum memadai. Implikasi dari penelitian ini adalah diperlukan suatu peningkatan dalam segi penerapan dan penanganannya dalam menanggulangi tax avoidance agar tidak ada celah bagi wajib pajak untuk melakukan penghindaran pajak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Risantiano, Ahmadin Yazidray.yazid23@gmail.comC97219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Kebijakan Publik
Wirausaha
Keywords: Asas-asas umum pemerintahan yang baik; Pengusaha Kena Pajak; tax avoidance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Ahmadin Yazid Risantiano
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:59
Last Modified: 26 Sep 2023 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65376

Actions (login required)

View Item View Item