Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction nasabah mobile banking sebagai variabel intervening (Studi Kasus BSI KCP Sidoarjo Waru Gateway)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Vindi Desendriana (2023) Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction nasabah mobile banking sebagai variabel intervening (Studi Kasus BSI KCP Sidoarjo Waru Gateway). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vindi Desendriana Pertiwi_G04218062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya perilaku konsumen yang loyal terhadap perusahaan jasa, salah satunya perbankan. Loyalitas nasabah yang tinggi dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan suatu perusahaan. Semakin tinggi kualitas layanan dan kepercayaan elektronik, semakin tinggi kepuasan nasabah yang menggunakan layanan perbankan. Pelanggan yang sudah merasa puas terhadap produk cenderung akan loyal. Dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah Nasabah BSI KCP Sidoarjo Waru Gateway. Penelitian ini menggunakan pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap loyalitas melalui E-Satisfaction sebagai variabel intervening untuk menguji loyal atau tidaknya nasabah BSI KCP Sidoarjo Waru Gateway. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah accidental sampling, dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS 25. Metode penelitian analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t menunjukkan bahwa E-Service Quality tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction dengan nilai t hitung sebesar 0,748<1,66005 dengan nilai signifikansi 0.456<0.05. Secara parsial E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction dengan nilai t hitung 7,702>1,66005 dengan signifikansi 0.000<0,05. E-Service Quality berpengaruh negatif dan signifikan terhadap E-Loyalty dengan nilai t hitung -2,939>1,66005 dengan signifikansi 0,004<0,05. E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty dengan nilai t hitung 11,077>1,66005 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Secara parsial E-Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty dengan nilai t hitung 15,933>1,66005 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji sobel H6 menunjukkan bahwa nilai T statistik adalah sebesar 0,749<1,96. Maka dapat disimpulkan E-Satisfaction tidak dapat memediasi E-Service Quality terhadap E-Loyalty. Sedangkan hasil uji sobel H7 menunjukkan bahwa nilai T statistik adalah sebesar 6,914>1,96. Maka dapat disimpulkan E-Satisfaction mampu memediasi E-Trust terhadap E-Loyalty. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, di harapkan untuk Bank Syariah Indonesia agar melakukan perbaikan pada variabel E-Service Quality terkait pada penelitian ini agar dapat meningatkan E-Satisfaction nasabah, dengan peningkatan layanan terhadap sistem BSI mobile banking. Variabel E-Trust dalam penelitian ini sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan agar semakin percaya untuk menggunakan layanan mobile banking. Dalam penelitian ini secara keseluruhan dari segi kepercayaan layanan mobile banking sudah cukup baik, namun kualitas layanan tetap harus ditingkatkan kembali demi menjaga agar nasabah tetap merasa puas dan loyal untuk menggunakan layanan BSI mobile banking.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Vindi Desendrianavindi.desendriana07@gmail.comG04218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSirajul, Sirajul Arifinsirajul.arifin@gmail.com2014057001
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: E-Service Quality, E-Trust, E-Satisfaction dan E-Loyalty
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: vindi vindi vindi desendriana pertiwi
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:47
Last Modified: 25 Sep 2023 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65383

Actions (login required)

View Item View Item