Pola komunikasi simbolik antar klien dalam mengatasi kebosanan (studi kasus di panti sosial tresna werdha Jombang di pare Kediri)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Ushma Gilang (2023) Pola komunikasi simbolik antar klien dalam mengatasi kebosanan (studi kasus di panti sosial tresna werdha Jombang di pare Kediri). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ushma Gilang Ramadhan_B95219131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bentuk interaksi simbolik yang dilakukan oleh lansia di Upt Pstw Jombang cabang Pare Kediri (Panti Jompo). Beberapa pola komunikasi simbolik ditemukan pada studi kasus yang dipilih. Tujuan penelitian ini merupakan bentuk komunikasi seperti apa yang dapat mengatasi/meminimalisir terjadinya kebosanan pada lansia di panti jompo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yakni beberapa klien/lansia dan pegawai yang dapat memberikan data relevan. Data yang dipersatukan berupa kualitatif, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Peneliti penemukan hasil bawah: 1) Para lansia sering kali merasakan kebosanan dengan kegiatan dan ruang lingkup yang terbatas, keterbatasan adalah awal mula terjadinya kebosanan pada klein. 2) Kegiatan berkomunikasi, jadwal kegiatan yang diberikan petugas dapat meminimalisir adanya kebosanan pada klien. 3) Komunikasi simbolik digunakan lansia yang memiliki keterbatasan dalam mengatasi kebosanan, mereka dapat berkomunikasi sirkular dengan pola interaksi bahasa isyarat dan konsultan psikis pada perawat. 4) kegiatan panti melibatkan interaksi antar personal klien mempunyai makna disetiap penyampaian pesannya. 5) pemenuhan kebutuhan lansia oleh pegawai sangat berarti bagi kehidupan jasmani dan rohani klien Upt Pstw Jombang Asrama Pare Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Ushma GilangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, MuchlisUNSPECIFIED2024117902
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Komunikasi
Orang tua dan Anak
Keywords: Komunikasi Simbolik, Lansia, Kebosanan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ushma Gilang Ramadhan
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:23
Last Modified: 26 Sep 2023 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65384

Actions (login required)

View Item View Item