Pengaruh pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan moralitas individu terhadap accounting fraud tendency pada pengelola keuangan desa: studi empiris di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Palupiningsih, Fransisca Dwi (2022) Pengaruh pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan moralitas individu terhadap accounting fraud tendency pada pengelola keuangan desa: studi empiris di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fransisca Dwi Palupiningsih_G02218008 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecenderungan kecurangan akuntansi adalah bentuk tindakan penyimpangan yang sering terjadi dan telah mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Kecondongan atau keinginan untuk melakukan kecurangan dengan melakukan perbuatan melawan hukum dan merugikan pihak lain yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi baik dilakukan oleh orang-orang dari dalam atau luar organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pengendalian internal, kesesuian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan moralitas individu terhadap accounting fraud tendency pada pengelola keuangan desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 98 responden dari 20 kantor desa di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS 26. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, dan moralita individu berpengaruh negatif dan signifikan terhadap accounting fraud tendency, sedangkan kesesuain kompensasi berpengaruh positif terhadap accounting fraud tendency. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak pengelola keuangan desa agar dapat mempertahankan pengendalian internal yang efektif, taat terhadap aturan akuntansi, dan moralitas individunya. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan bisa memenuhi penelitian tentang accounting fraud tendency dengan menentukan variabel-variabel lain yang mempengaruhi dengan mengembangkan teori selain fraud pentagon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Palupiningsih, Fransisca Dwifransisca1848@gmail.comG02218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Keywords: Pengendalian internal; kesesuain kompensasi; ketaatan aturan akuntansi; moralita individu; accounting fraud tendency
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Fransisca Dwi Palupiningsiih
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:07
Last Modified: 18 Sep 2023 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65386

Actions (login required)

View Item View Item