Analisis dampak program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Ryoji Arsyi (2023) Analisis dampak program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ryoji Arsyi Utomo_G01219029 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Dampak Program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo” bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Desa Ngadisari serta bagaimana dampak program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) terhadap pengingkatan perekonomian masyarakat Desa Ngadisari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini juga menggunakan Analisis Social Return On Investment (SROI). Hasil dari Penelitian ini adalah Proses implementasi program Sarhunta melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Program ini berjalan dengan baik serta berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat Desa Ngadisari. Melalui program ini, masyarakat desa dapat memperoleh penghasilan tambahan dari usaha homestay mereka. Hasil analisis SROI menunjukkan rasio 0,32:1, yang berarti setiap Rp. 1 investasi menghasilkan dampak sosial sebesar Rp. 0,32. Penelitian ini diharap dapat menjadi dasar untuk pengembangan program serupa di daerah lain, serta memberikan masukan bagi pihak terkait dalam perencanaan dan implementasi program sarana hunian pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Ryoji Arsyiryojiutomoo@gmail.comG01219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubettysilfia01@gmail.com0010068707
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Perumahan
Keywords: Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta); peningkatan perekonomian; SROI
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ryoji Arsyi Utomo
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:24
Last Modified: 22 Sep 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65389

Actions (login required)

View Item View Item