Pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap penerimaan diri ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jati, Ratih Kumaya (2023) Pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap penerimaan diri ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratih Kumaya Jati_J71219074 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap penerimaan diri Ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah subjek sebanyak 242 ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Pengumpulan data dilakukan secara online dan offline dengan memakai skala penerimaan diri, dukungan sosial dan kecerdasan emosi. Pengolahan data dilakukan dengan memakai bantuan IBM SPSS Statistic 25 menggunakan uji hipotesis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara variabel dukungan sosial (X1) terhadap variabel penerimaan diri (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan variabel kecerdasan emosi (X2) terhadap variabel penerimaan diri (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Penelitian ini juga mendapatkan hasil terdapat pengaruh simultan variabel dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap penerimaan diri dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,5). Besar sumbangan efektif variabel dukungan sosial adalah 8,6% dan variabel kecerdasan emosi adalah 42,1%, sedangkan 49,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jati, Ratih Kumayaratihmay5@gmail.comJ71219074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id197605112009122002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Keluarga
Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi > Tuna Grahita
Psikologi Sosial
Keywords: Penerimaan diri; dukungan sosial; kecerdasan emosi; anak berkebutuhan khusus
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ratih Kumaya Jati
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:32
Last Modified: 22 Sep 2023 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65394

Actions (login required)

View Item View Item