Strategi direktorat jenderal imigrasi kementrian hukum dan HAM Republik Indonesia dalam mengatasi gelombang pengungsi asal Afghanistan di Indonesia pada tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanda, Tarisha Dea (2023) Strategi direktorat jenderal imigrasi kementrian hukum dan HAM Republik Indonesia dalam mengatasi gelombang pengungsi asal Afghanistan di Indonesia pada tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tarisha Dea Amanda_I92219095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Dirjen Imigrasi dalam mengatasi gelombang pengungsi dari Afganistan di Indonesia Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaksionis oleh Miles dan Huberman. Peneliti menemukan bahwa terdapat tiga bentuk strategi dari Dirjen Imigrasi dalam mengatasi permasalahan pengungsi asal Afghanistan pada tahun 2020. Pertama, menjalin kerja sama dan koordinasi dengan organisasi internasional seperti UNHCR, IOM dan menjalin hubungan bilateral dengan Australia dalam mengatasi permasalahan pengungsi sebelum dipindahkan ke negara ke-tiga. Kedua, strategi penangan pengungsi dengan menghasilkan kebijakan seperti melakukan pengawasan serta meningkatkan penampungan dan pemrosesan pengungsi. Ketiga, strategi bantuan kemanusiaan dengan memberikan perlindungan hukum bagi para pengungsi dan pencari suaka hingga pemberian tempat tinggal sementara sebelum direlokasikan ke negara ke tiga atau dikembalikan ke negara asalnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanda, Tarisha Deatarisadea2@gmail.comI92219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl 'Ainulm.qobid@uinsby.ac.id0623088402
Subjects: Hubungan Internasional
Kerjasama Internasional
Hak Asasi Manusia
Keywords: Strategi jenderal imigrasi; kementrian hukum; HAM Republik Indonesia; gelombang pengungsi asal Afghanistan
Depositing User: Tarisha Dea Amanda
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:11
Last Modified: 27 Sep 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65403

Actions (login required)

View Item View Item