Pemberdayaan petani melalui edukasi pertanian sehat guna meminimalisasir penggunaan pupuk kimia di Dusun Glonggongan Desa Talok Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruaidah, Harmala (2023) Pemberdayaan petani melalui edukasi pertanian sehat guna meminimalisasir penggunaan pupuk kimia di Dusun Glonggongan Desa Talok Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Harmala Ruaidah_B92219097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kondisi pertanian di dusun Glonggongan, Desa Talok, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Permasalahan yang terjadi di sektor pertanian Dusun Glonggongan adalah tingginya penggunaan pupuk kimia pada pertanian di dusun Glonggongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi Ketergantungan petani dusun Glonggonngan terhadap pupuk kimia dalam upaya meminimalisir penggunaan pupuk kimia dengan adanya pemberdayaan petani melalui edukasi pertanian sehat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang mengedepankan partisipasi aktif dari masyarakat dusun Glonggongan untuk memecahkan permasalahan.hasil dari penelitian ini adalah masyarakat memiliki pemahaman mengenai bahaya penggunaan pupuk kimia dan manfaat penggunaan pupuk organik ramah lingkungan serta adanya pengetahuan dan inovasi baru mengenai pembuatan pupuk lindi super dan adanya usulan kebijakan yang berpihak pada terwujudnya sistem pertanian sehat ramah lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruaidah, Harmalaruaidahharmala@gmail.comB92219097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Pemberdayaan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Petani; edukasi; pupuk kimia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Harmala Ruaidah
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:31
Last Modified: 29 Sep 2023 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65405

Actions (login required)

View Item View Item