Strategi aktivisme digital black lives matter dalam transnasionalisasi isu police brutality di Eropa tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kallapagi, Pramitha Sindhu (2023) Strategi aktivisme digital black lives matter dalam transnasionalisasi isu police brutality di Eropa tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pramitha Sindhu Kallapagi_I92219087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rasisme telah menjadi sejarah kelam bagi Amerika Serikat yang sampai saat ini belum kunjung usai. Rasisme merupakan bentuk diskriminasi terhadap suatu ras atau kaum tertentu dan sudah sejak lama berkembang di kehidupan masyarakat multikultur di berbagai belahan dunia. Istilah ini mengacu pada institusi dan sistem politik, ekonomi, atau hukum yang mempraktikkan diskriminasi rasial atau meningkatkan ketidaksetaraan rasial dalam kekayaan dan pendapatan, pendidikan, perawatan medis, hak-hak sipil, dan bidang lainnya. Diskriminasi rasial ini diantaranya berbentuk kekerasan aparat kepolisian terhadap masyarakat berkulit hitam di Amerika atau lebih sering disebut dengan kebrutalan polisi (Police Brutality). Kebrutalan polisi atau Police Brutality adalah penggunaan kekuatan berlebihan oleh polisi terhadap warga negara seperti penembakan tidak adil, pemukulan yang parah, intimidasi, pelecehan verbal, dan pemaksaan psikologis serta fisik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini sesuai dengan sifat ilmu sosial yang dinamis dan melibatkan fenomena abstrak yang tidak dapat diukur secara kuantitatif. Strategi aktivisme digital yang digunakan untuk transnasionalisasi gerakan Black Lives Matter adalah Aksebilitas dimana Tersedianya jaringan digital untuk melakukan distribusi informasi, Visibilitas yakni tingkat keterlihatan dan keunikan Black Lives Matter dari gerakan sosial lainnya, Popularitas Black Lives Matter mampu menarik perhatian dalam jumlah besar, dan Ekosistem yang didasari oleh konsep (Roots, Routers, and Routes) (akar, router, dan rute) dimana dapat ditemukan gerakan serupa di wilayah lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kallapagi, Pramitha Sindhupramithasindhu20@gmail.comI92219087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatullah, Nur Luthfinur.luthfi.hidayatullah@uinsby.ac.id2009049102
Subjects: Hubungan Internasional
Organisasi Masyarakat
Keywords: Digital black lives matter; transnasionalisasi isu police brutality
Depositing User: Pramitha Sindhu Kallapagi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:53
Last Modified: 10 Oct 2023 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65409

Actions (login required)

View Item View Item