Peran UMKM Kampung Kue terhadap kondisi perekonomian Masyarakat Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspa, Milania (2023) Peran UMKM Kampung Kue terhadap kondisi perekonomian Masyarakat Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Milania Puspa_G01219019 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jumlah kemiskinan di Indonesia masih terbilang cukup tinggi akan tetapi, dengan adanya UMKM di Indonesia bisa mengurangi jumlah kemiskinan yang ada khususnya di Surabaya yang terdapat komunitas UMKM Kampung Kue. Kampung Kue adalah salah satu kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Surabaya yang didominasi oleh ibu-ibu pekerja rumahan yang menghidupkan pasar kue basah dan kue kering di Surabaya. Peneliti akan membahas dalam skripsi ini yang berjudul “Peran UMKM Kampung Kue Terhadap Kondisi Perekonomian Masyarakat Rungkut Surabaya” bertujuan untuk mengetahui kondisi perekonomian masyarakat Rungkut setelah terbentuknya UMKM Kampung Kue serta untuk mengetahui peran pemerintah dalam memberdayakan UMKM Kampung Kue Rungkut Surabaya. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil wawancara dan data sekunder yang berasal dari studi literatur. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi mengenai objek penelitian, wawancara yang dilakukan dengan Ibu Irul dan juga 6 ibu-ibu pelaku UMKM, serta studi literatur tentang topik judul yang dibahas. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa peran UMKM Kampung Kue terhadap kondisi perekonomian masyarakat Rungkut Surabaya yaitu pengangguran berkurang karena dengan adanya UMKM Kampung Kue masyarakat Rungkut yang sebelumnya menjadi pengangguran akhirnya memiliki pekerjaan serta pendapatan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM Kampung Kue tersebut meningkat karena dengan diresmikannya Kampung Kue menjadi tempat wisata membuat Kampung Kue ini banyak dikunjungi wisatawan dan juga jumlah pesanan kue meningkat. Serta peran pemerintah dalam memberdayakan UMKM Kampung Kue Rungkut Surabaya yaitu sebagai pelopor dan inovator. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti yaitu sebaiknya UMKM Kampung Kue ini dijadikan contoh agar banyak terjadi di daerah lain dan tidak hanya pemerintah kota Surabaya saja tetapi juga pemerintah kota lainnya di seluruh Indonesia yang memberdayakan UMKM karena sebagian besar perekonomian masyarakat Indonesia berasal dari UMKM sehingga jumlah kemiskinan yang terjadi di Indonesia bisa berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspa, Milaniamimlania.puspa28@gmail.comG01219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uinsby.ac.id0728058901
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Pengangguran
Keywords: UMKM; pengangguran; pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Milania Puspa
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:12
Last Modified: 26 Sep 2023 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65410

Actions (login required)

View Item View Item