Analisis karakteristik dan kelimpahan mikroplastik pada makrobentos di perairan Kampung Kerapu Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiiroh, Tanya Bunga (2023) Analisis karakteristik dan kelimpahan mikroplastik pada makrobentos di perairan Kampung Kerapu Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tanya Bunga Maghfiiroh_H94219064 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perairan Kampung Kerapu berpotensi tercemar mikroplastik dikarenakan aktivitas antropogenik yang tinggi. Aktivitas antropogenik yang ada di perairan Kampung Kerapu diantaranya aktivitas wisatawan dan kegiatan perikanan seperti budidaya ikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik mikroplastik berdasarkan bentuk dan warnanya serta kelimpahan mikroplastik pada makrobentos di perairan Kampung Kerapu. Pengambilan sampel makrobentos dilakukan pada ekosistem mangrove (Clypeomorus sp., Uca spp., Capitella sp.) dan ekosistem lamun (Siganus sp., Holothuria sp., Diadema sp.). Sampel makrobentos diambil dengan metode random sampling sebanyak 15 individu tiap jenisnya. Uji mikroplastik pada makrobentos menggunakan larutan KOH 30% sebagai pendestruksi bahan organik kemudian diberi larutan NaCl jenuh untuk meningkatkan densitas larutan dan disaring menggunakan kertas whatmann. Identifikasi mikroplastik secara visual menggunakan mikroskop stereo dengan perbesaran 4x. Hasil penelitian ditemukan 4 bentuk mikroplastik (fragmen, film, fiber, dan granule) dan warna yang beragam. Bentuk fragmen mendominasi pada seluruh makrobentos. Warna mikroplastik yang ditemukan pada seluruh mikroplastik didominasi oleh warna hitam. Kelimpahan mikroplastik pada Holothuria sp. ditemukan paling tinggi sebesar 73,54 partikel/gr, disusul Uca spp. sebesar 59,95 partikel/gr, kemudian Capitella sp. yaitu sebesar 48,56 partikel/gr, dan Clypeomorus sp. sebesar 39,06 partikel/gr. Pada Siganus sp. dan Diadema sp. kelimpahan mikroplastik relatif sama yaitu sebesar 22,03 partikel/gr dan 22,52 partikel/gr. Adanya perbedaan kelimpahan mikroplastik pada makrobentos disebabkan oleh beberapa faktor seperti habitat lingkungannya hidup dan pola makannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiiroh, Tanya Bungatanyabungamghfrh@gmail.comH94219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyah-201409003
Thesis advisorViolando, Wiga Alif-199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Mikroplastik; perairan Kampung Kerapu; makrobentos
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Tanya Bunga Maghfiiroh
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:49
Last Modified: 22 Sep 2023 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65414

Actions (login required)

View Item View Item