Persepsi keberlangsungan usaha menurut pelaku Usaha Kecil Menengah pada saat Pandemi Covid-19 : studi fenomenologi pada UKM di Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irawan, Andre Veri (2022) Persepsi keberlangsungan usaha menurut pelaku Usaha Kecil Menengah pada saat Pandemi Covid-19 : studi fenomenologi pada UKM di Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andre VeriIrawan_G92218066 OK.pdf

Download (715kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset multiparadigma dengan paradigma interpretif. Alat analisis menggunakan fenomenologi transendental dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari tiga informan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan sekumpulan metode fenomenologi transendental. Antara lain menganalisis noema, epoche, noesis, intentional analysis, dan eidetic reduction dan terakhir pembahasan hasil dari data wawancara. Hasil penelitian adalah berdasarkan makna keberlangsungan usaha yang dipahami informan. Hasil penelitian menemukan tiga makna keberlangsungan usaha dari setiap masing-masing informan. Informan pertama, keberlangsungan usaha dimaknai sebagai seorang pedagang harus memiliki mental yang kuat dan juga menjaga kualitas produk. Informan kedua, keberlangsungan usaha dimaknai memiliki keyakinan, rasa syukur yang terselip tujuan di dalamnya. Informan ketiga, keberlangsungan usaha sebagai keikhlasan dalam bentuk memasrahkan hasilnya pada Tuhan, ini juga menjadi salah satu cara bertahan dan menjaga kewarasan saat kondisi sulit. Temuan penelitian ini berdasarkan hasil analisis bahwa mental, kualitas produk, keyakinan dan ke pasrahan pada Tuhan merupakan bagian dari prinsip keberlangsungan usaha menurut pelaku usaha kecil menengah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irawan, Andre Veriandrevi29c13466@gmail.comG92218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Pedagang
Keywords: Keberlangsungan Usaha; Usaha Kecil Menengah; Persepsi; Fenomenologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Andre Veri Irawan
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:40
Last Modified: 29 Sep 2023 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65427

Actions (login required)

View Item View Item