Konsep kebahagiaan syaikh Nawawi al-Bantani dalam perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudhoh, Umi (2023) Konsep kebahagiaan syaikh Nawawi al-Bantani dalam perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Mahfudhoh_E07217023 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Isu tentang kebahagiaan memang sangat menarik untuk dikaji. Bisa dibuktikan dengan begitu banyaknya pendapat tentang kebahagiaan yang berasal dari para ilmuwan, filsuf, psikolog, ulama, dan lain sebagainya. Syaikh Nawawi merupakan seorang ulama besar dari Indonesia memiliki pandangan tentang kebahagiaan. Ia mengatakan bahwa orang yang berbahagia adalah orang yang memiliki hati yang sadar, badan yang selalu sabar, dan selalu merasa puas dengan apa yang ada ditangannya. Tak dapat dipungkiri perlu adanya telaah yang mendalam untuk memahami maksud dari perkataan Syaikh Nawawi. Ada sebuah metode yang memudahkan dalam memahami sebuah teks. Dikembangkan oleh seorang filusuf dari Jerman, yaitu Hans�Georg Gadamer yang terkenal dengan teori hermeneutika-nya, beliau memberikan tendensi pada segi historisitas dalam memahami serta penekanan urgent-nya sebuah bahasa. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian library research (studi pustaka) yang bersifat deskriptif analisis. Data yang digunakan berasal dari kitab Nashaihul ‘Ibad karangan Syaikh Nawawi al�Bantani, selanjutnya dalam pendekatanya menggunakan teori hermeneutika Gadamer dengan berfokus memahami sejarah teks dan mencari makna baru dari peleburan anatara teks asli dan penafsir. Hasil penilitian ini adalah, kebahagiaan bisa diraih ketika mampu melewati tiga fase yaitu harus menjadi orang yang sabar dalam artian mampu menahan segala larangan Allah, memiliki hati yang sadar akan kehadiran Allah dimanapun ia berada. Ia yakin bahwa Allah akan menolongnya kapanpun dan dimanapun, terakhir harus menjadi orang yang qana’ah atau menerima dengan lapang dada semua pemberian Allah dengan menghilangkan segala keinginan yang berlebihan, dan tidak memiliki ketergantungan dengan apa yang dimiliki serta menganggap cukup apa yang ada sebagai karunia dari Allah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudhoh, Umiumimahfudho53@gmail.comE07217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Filsafat
Tasawuf
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Syaikh Nawawi; Kebahagiaan; Hermeneutika Hans-Georg Gadamer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umi Mahfudhoh
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:34
Last Modified: 26 Sep 2023 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65443

Actions (login required)

View Item View Item