Tradisi mendem ari-ari di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo : studi living hadis riwayat al-Rafi'i nomor indeks 231 perspektif Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permana, Bryan (2023) Tradisi mendem ari-ari di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo : studi living hadis riwayat al-Rafi'i nomor indeks 231 perspektif Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bryan Permana_E95219067 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di indonesia mempunyai banyak sekali keberagaman tradisi dan budaya, setiap daerah dan terkadang di setiap desa mempunyai ciri khas tradisinya masing-masing. Salah satunya yaitu tradisi mendem ari-ari, memang hampir seluruh daerah wilayah indonesia khususnya daerah Jawa dapat di temukan tradisi ini. walalupun pada realitanya antara daerah satu dengan daerah lainnya sedikit terdapat perbedaan pada prosesnya. Dalam hadis yang di riwayatkan oleh Al-Rafi’i di jelaskan terdapat 6 potongan tubuh yang harus di kubur yaitu rambut, kuku, darah haid, gigi, gumpalan darah dan ari-ari.Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian yang dilakukan dengan cara langsung terjun kepada masyarakat untuk mencari data. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, serta libary research. Untuk membantu dalam pengolahan data di lapangan penulis menggunakan perspektif Max Weber. Motif tradisi mendem ari-ari -ari yang sudah dilakukan di Desa Wageyaitu sebagai bentuk upaya melestarikan warisan nenek moyang, sebagai bentuk rasa syukur serta harapan orang tua kepada sang bayi, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permana, Bryanpermana.bryan21@gmail.comE95219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Sosiologi
Hadis
Keywords: Mendem ari-ari; hadis; teori tindakan sosial; Max Weber
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Bryan Permana
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:13
Last Modified: 26 Sep 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65446

Actions (login required)

View Item View Item