Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan pada komunitas kelompok tani hutan (KTH) Bajra Utama di Dusun Bapao Desa Kacok Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahrah, Ulfiyatus (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan pada komunitas kelompok tani hutan (KTH) Bajra Utama di Dusun Bapao Desa Kacok Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfiyatus Zahrah_B02219041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam dua hal, yang pertama bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan pada Komunitas Kelompok Tani Hutan Bajra Utama. Kedua, berfokus pada hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan pada Komunitas Kelompok Tani Hutan Bajra Utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), dalam proses aksinya menggunakan pengembangan aset dan potensi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tahapan dalam pendekatan ABCD meliputi discovery, dream, design, define, dan destiny. Aset yang dikembangkan meliputi pemanfaatan sumber daya alam bukan kayu pada hutan dan peluang usaha kelompok tani hutan. Kesimpulan penelitian ini adalah: Strategi yang digunakan dalam pemberdayaan ekonomi yang dilakukan meliputi tiga program yakni, edukasi dan sosialisasi untuk pengenalan sumber daya alam bukan kayu berupa tanaman obat liar, melakukan pendampingan pemberdayaan melalui pengelolaan dengan pelatihan proses perajangan dan pengeringan, dan penguatan pada kapasitas kelompok tani hutan Bjara Utama. Hasil dari pemberdayaan ekonomi ini adalah meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat melalui penguatan pada Kelompok Tani Hutan, tercapainya visi dan misi dengan adanya komitmen bersama untuk mewujudkan ekonomi masyarakat lebih baik serta implementasi dakwah bil hal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahrah, UlfiyatusAraulfy@gmail.comB02219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id2007055801
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat berbasis asset; pemberdayaan ekonomi; kelompok tani hutan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ulfiyatus Zahrah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:11
Last Modified: 26 Sep 2023 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65465

Actions (login required)

View Item View Item