Pengembangan media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar pada materi peredaran darah manusia kelas V di MIS Islamiyah Ngoro Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Udhmah, Syafaatul (2023) Pengembangan media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar pada materi peredaran darah manusia kelas V di MIS Islamiyah Ngoro Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SYAFAATUL UDHMAH_02041020015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran menjadikan guru dituntut untuk mengikuti perkembangan media dari pembelajaran, karena pola penggunaan media yang semakin variatif, mulai dari yang murah dan efisien dalam penyampaian materi pembelajaran sampai pada penggunaan media pembelajaran yang menggunakan teknologi yang bagus. Guru didorong untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait penggunaan dan penciptaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain media augmented reality, mendeskripsikan efektifitas pengembangan media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa materi peredaran darah manusia kelas 5 MIS Islamiyah Ngoro Jombang. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian R&D dengan mengacu pola ADDIE dengan lima tahapan alur yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini 20 siswa kelas 5 MIS Islamiyah Ngoro Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan juga tes. Data kemudian diolah dengan teknik analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas dan analisis efektifitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Desain media augmented reality yang dikembangkan memiliki acuan yaitu kondisi karakteristik siswa, materi dan juga tumbuhnya motivasi belajar siswa. Desain yang dikembangkan mendapat hasil dari ahli media dan ahli materi yaitu layak digunakan. 2) Efektifitas media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dihitung dengan paired sample t-test diperoleh nilai sig (p-value) sebesar 0,000 lebih kecil dari α (0,05) yang berarti pengembangan media augmented reality ini memiliki efektifitas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa materi peredaran darah manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Udhmah, Syafaatulsyafaatul21feb@gmail.com02041020015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorWafa, Alialiw87870@gmail.com2029016802
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penelitian pengembangan; media augmented reality; motivasi belajar; peredaran darah manusia
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SYAFAATUL UDHMAH
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:26
Last Modified: 26 Sep 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65470

Actions (login required)

View Item View Item