Analisis strategi pemulihan ekonomi masyarakat Kampung Inggris Pare Kediri di new normal era pandemi covid-19: studi kasus umkm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Dhiqy Fhauzy (2023) Analisis strategi pemulihan ekonomi masyarakat Kampung Inggris Pare Kediri di new normal era pandemi covid-19: studi kasus umkm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhiqy Fhauzy Hidayat_G71217063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah setempat, bersama Asosiasi Bahasa dan Kursus Kampung Inggris Pare menyatakan tutup sementara terhadap aktivitas eduwisata. Penutupan ini berdampak langsung dan signifikan terhadap ekonomi dan pendapatan masyarakat pelaku usaha Kampung Inggris Pare. Rumusan masalah untuk artikel ini ialah: 1) Bagaimanakah kondisi ekonomi pelaku usaha di Kampung Inggris Pare Kediri pada masa New Normal?; 2) Bagaimanakah strategi pemulihan ekonomi masyarakat Kampung Inggris Pare Kediri pada masa New Normal? Penelitian ini menggunakan kualitatif sebagai pendekatan risetnya, serta field research sebagai jenis risetnya. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan juga observasi. Metode analisis data yang dipakai riset ini ialah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini: 1) Pada awal-awal di masa New Normal, pendapatan masyarakat ekonomi masyarakat pelaku usaha Kampung Inggris tidak bisa stabil. Pada masa selanjutnya dari New Normal, pendapatan pelaku usaha Kampung Inggris mengalami keterpulihan yang ditandai dengan pendapatan masyarakat kembali stabil layaknya sebelum Pandemi Covid-19; 2) Strategi pemulihan ekonomi pelaku usaha Kampung Inggris Pare direalisasikan oleh tiga kelompok, yakni pemerintah pusat, pemerintah desa, dan para pelaku usaha Kampung Inggria Pare. Strategi pemulihan ekonomi pemerintah pusat ialah menyediakan bantuan bagi terdampak Covid-19 melalui program dana BLT yang diambil dari alokasi Dana Desa. Strategi pemulihan ekonomi pemerintah desa ialah memfasilitasi pelatihan untuk membekali para pelaku usaha agar kuat dan mandiri dalam menghadapi wabah Pandemi Covid-19, memediasi yang menyosialisasikan dan mengkawal dana BLT kepada masyarakat, serta memobilisasi beberapa stake holder yang mengupayakan Kampung Inggris kembali dibuka. Strategi pemulihan pelaku usaha ialah beralih dari model usaha luring menjadi daring, pemanfaatan media sosial, pemberhentian dan pelanjutan produksi, beralih ke profesi lain sementara waktu, serta juga berpartisipasi dalam memobilisasi Kampung Inggris kembali dibuka.Bagi penelitian selanjutnya, ada baiknya penelitian tersebut berfokus kepada efektivitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas implementasi strategi pemulihan ekonomi pelaku usaha Kampung Inggris Pare Kediri yang dilakukan oleh tiga kelompok atau salah satu dari ketiganya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Dhiqy Fhauzyrosariam769@gmail.comG71217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pemulihan ekonomi; pelaku usaha Kampung Inggris Pare Kediri; new normal; pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: DHIQY FHAUZY HIDAYAT
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:20
Last Modified: 27 Sep 2023 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65473

Actions (login required)

View Item View Item