Analisis pertumbuhan ekonomi dan pemetaan sektor potensial dan unggulan di Kabupaten Bantul Tahun 2017-2021 menggunakan metode Tipologi Klassen dan Analisis Location Quotient (LQ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alysia, Vinka (2023) Analisis pertumbuhan ekonomi dan pemetaan sektor potensial dan unggulan di Kabupaten Bantul Tahun 2017-2021 menggunakan metode Tipologi Klassen dan Analisis Location Quotient (LQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vinka Alysia_G71219058 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan sebuah karya ilmiah yang memiliki fokus topic pada sebuah perekonomian suatu daerah. Dengan adanya sektor unggulan dan sektor potensial dapat menjadikan suatu daerah semakin maju dan berkembang dalam memenuhi kebutuhan daerahnya tersebut. Salah satunya pada Kabupaten Bantul sebagai lokasi yang dipilih untuk dilaksanankan sebuah penelitian dalam tulisan skripsi ini. Penelitian mengenai laju pertumbuhan sekaligus sektor unggulan maupun potensial yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul memiliki tujuan untuk mengidentifikasi sektor potensial dan unggulan yang ada di Kabupaten Bantul. Dengan adanya penelitian ini dapat juga diketahui mengenai besaran dari kontribusi sektor bagi perekonomian Kabupaten Bantul. Metode yang dipergunakan dalam penelitian yakni kuantitatif deskriptif dengan memanfaatkan dua alat analisis yakni tipologi klassen dan Location Quotient (LQ). Berdasarkan dari hasil dari perhitungan dengan analisis Location Quotient (LQ) dan tipologi klassen. diketahui terdapat 6 sektor potensial dan unggulan di Kabupaten Bantul yakni (1) Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, (2) Industri Pengolahan, (3) Pertambangan dan Penggalian, (4) Perdagangan Eceran dan Besar; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, (5) Pengadaan Listrik dan Gas, (6) Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum. Adapun sektor yang berkontribusi terbesar di Kabupaten Bantul yakni sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dan sektor industri pengolahan. Proses meningkatkan pembangunan daerah Kabupaten Bantul guna mencapai tujuan yang selaras dan sesuai dengan rencana. Hal tersebut sangat diperlukan bagi pelaksanaan kegiatan ekonomi yang terfokuskan pada sektor potensial dan unggulan. Adapun saran yang diberikan peneliti kepada Pemerintah Kabupaten Bantul yakni dalam pelaksanaan pengembangan sektor potensial dan unggulan sangat diperlukan adanya faktor produksi yang memadai. Dengan adanya faktor produksi yang memadai dapat menyerap tenaga kerja lokal di Kabupaten Bantul dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal serta meningkatkan PDRB Kabupaten Bantul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alysia, Vinkavinkaalysia@gmail.comG71219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Hapsari Wijihapsarihap@yahoo.com2108038604
Subjects: Ekonomi
Potensi
Keywords: Sektor potensial; sektor unggulan; tipologi klassen; location quotient.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Vinka Alysia
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:22
Last Modified: 03 Oct 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65515

Actions (login required)

View Item View Item