Pengaruh konseling behaviour dengan teknik Latihan Asertif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VII di SMP Islam Perlaungan, Waru, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Tiara Ananda (2023) Pengaruh konseling behaviour dengan teknik Latihan Asertif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VII di SMP Islam Perlaungan, Waru, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Ananda Putri_B73219091 OK.pdf

Download (811kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling behaviour dengan teknik latihan asertif berpengaruh terhadap peningkatan disiplin belajar siswa kelas VII di SMP Islam Parlaungan, Waru, Sidoarjo. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Parlaungan yang berlokasi di Desa Berbek I, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A-C yang dikategorikan memiliki disiplin belajar rendah. Kemudian dilakukan pengujian mengguakan uji Paired Sample T- Test. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan penelitian yaitu tahap pre test (Pengukuran skor awal), tahap intervensi (dilakukan dalam tiga kali pertemuan), dan posttest (pengukuran skor akhir). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti berada di bawah nilai taraf signifikansi 0,05. Yang artinya Hα diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa kelas VII SMP Islam Parlaungan mengalami peningkatan dan perubahan secara signifikan setelah diberikan konseling behaviour dengan teknik latihan asertif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Tiara Anandatiaraandp25@gmail.comB73219091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Disiplin Sekolah
Keywords: Latihan asertif; Konseling Kelompok; Disiplin Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tiara Ananda Putri
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:19
Last Modified: 09 Oct 2023 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65518

Actions (login required)

View Item View Item