Pesan akhlak dalam Lagu "Takdir Cinta" Lesti-Billar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahda, Vizya Hanna (2023) Pesan akhlak dalam Lagu "Takdir Cinta" Lesti-Billar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vizya Hanna Zahda_B91218145.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pesan akhlak yang terdapat dalam lirk lagu Takdir Cinta. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan analisis wacana model Teun A. Van Dijk.Untuk menjawab persoalan dari rumusan masalah, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana milik Teun A. Van Dijk. Teknik analisis menggunakan tiga tema besar, yaitu teks, konteks sosial dan kognisi sosial dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, ditemukan pesan akhlak yang terkandung dalam lirik lagu Takdir Cinta ini yakni pesan akhlak kepada Allah berupa iman, tawakkal, berdoa dan akhlak kepada sesama manusia yakni ar-rahman (kasih sayang), al-ifafah (menjaga kesucian) dan al-amanah (setia).
Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada peneliti berikutnya untuk menggunakan dua elemen yang belum dianalisis oleh peneliti, yaitu elemen retoris dan stilistik. Peneliti hanya menggunakan empat elemen dari Teun A. Van Dijk yaitu tematik, skematik, semantik dan sintaksis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahda, Vizya Hannavizyahannaz@gmail.comB91218145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhi-196701282003121001
Subjects: Akhlak
Ilmu Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: akhlak; lagu; pesan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vizya Hanna Zahda
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:27
Last Modified: 26 Sep 2023 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65519

Actions (login required)

View Item View Item