Analisis strategi pemasaran pada rumah makan Bebek Rizky Bangkalan perspektif pemasaran syari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Moh. Fathurrozy (2023) Analisis strategi pemasaran pada rumah makan Bebek Rizky Bangkalan perspektif pemasaran syari’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fathurrozy Aziz_G04217037 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Rumah Makan Bebek Rizky dan untuk mengetahui analisis strategi pemasaran yang dilalukan oleh Rumah Makan Bebek Rizky dalam perspektif syari‟ah. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian field research yang menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan pemilik, pegawai dan konsumen dari Rumah Makan Bebek Rizky Bangkalan. Serta kuisioner dan observasi. Data-data yang didapatkan dari penelitian ini kemudian dioleh dengan menggunakan metode triangulasi khususnya triangulasi data dan triangulasi metode sebagai dasar dalam menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang ini didapatkan bahwa, pertama, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Bebek Rizky dalam memasarkan produknya yaitu dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran yang bermula dari strategi segmentasi pasar, targeting dan positioning. Segmentasi pasar dilakukan dengan memfokuskan pada pengelompokan konsumen dari segi segmentasi secara geografis dan segmentasi secara psikografis. Secara geografis, segmentasi pasarnya adalah konsumen pendatang atau wisatawan dan konsumen penduduk lokal. Sedangkan secara psikologis konsumen yang dibidik adalah konsumen yang menyukai bidang kulineran khususnya pada olahan masakan bebek. Adapun strategi targeting, Rumah makan bebek rizky telah menentukan target pasarnya. Target khususnya adalah wisatawan yang menyukai bidang kulineran dan Masyarakat sekitar. Kemudian strategi positioning, secara kelas produk, Rumah makan bebek rizky berada pada posisi rumah makan paling terkenal setelah rumah makan bebek sinjay se-Madura. Kedua, strategi pemasaran rumah makan bebek rizky ditinjau dari perspektif strategi pemasaran syari‟ah, Meski rumah makan ini menerapkan konsep dan teori pemasaran konvensional, namun juga menerapkan strategi pemasaran syari‟ah yang terdiri dari karakteristik pemasaran syari‟ah, etika bisnis syari‟ah dan mencontoh praktek pemasaran Nabi Muhammad SAW.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Moh. Fathurrozyrosiaziz41@gmail.comG04217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'adah, Mas'adah-197812052006042003
Subjects: Ekonomi Islam
Islam
Pemasaran
Keywords: Strategi pasar; pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh. Fathurrozy Aziz
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:38
Last Modified: 12 Oct 2023 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65520

Actions (login required)

View Item View Item