Uji potensi antibakteri ekstrak spons dan bakteri simbion spons laut callyspongia vaginalis dari Perairan Kendit terhadap pertumbuhan bakteri vibrio harveyi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurama, Dewi Fortuna (2022) Uji potensi antibakteri ekstrak spons dan bakteri simbion spons laut callyspongia vaginalis dari Perairan Kendit terhadap pertumbuhan bakteri vibrio harveyi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Dewi Fortuna Nurama_H74218017 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini penggunaan antibiotik pada bidang perikanan maupun budidaya diperkirakan memiliki dampak negatif terhadap lingkungan kerena menyebabkan polutan, sebagai salah satu upaya alternatif penanggulangan masalah infeksi vibriosis pada hewan budidaya dengan menganalisis potensi antibakteri ekstrak spons dan bakteri simbion spons terhadap bakteri Vibrio harveyi maka spons jenis Callyspongia vaginalis yang ditemukan di perairan Kendit perlu untuk diujikan mikroba simbion dan ekstraknya sebagai sebagai salah satu upaya alternatif penanggulangan masalah infeksi vibriosis pada hewan budidaya dengan menganalisis potensi antibakteri ekstrak spons dan bakteri simbion spons Callyspongia vaginalis terhadap bakteri Vibrio harveyi. Penelititian ini bertujuan untuk mengetahui penapisan bakteri asosiasi spons sebagai antibakteri patogen Vibrio harveyi, mengetahui pengaruh entibakteri ekstrak spons terhadap bakteri patogen, serta mengetahui hasil skrining uji fitokimia ekstrak spons. Uji antagonis pada penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa mikroorganisme yang bersifat antagonis dapat menghambat bakteri patogen Vibrio harveyi. Metode yang digunakan pada metode ini yaitu difusi cakram. Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak spons Callyspongia vaginalis memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan bakteri Vibrio harveyi, hal ini ditunjukkan oleh masih adanya zona bening pada konsentrasi 10%, 20%, 80% yang menunjukkan bahwa konsentrasi tersebut memiliki kriteria zona hambat lemah, sedangkan pada konsentrasi 40% dan 60% memiliki kriteria zona hambat sedang. Hasil uji penapisan menunjukkan hanya terdapat 4 isolat aktif menunjukkan adanya aktivitas antibakteri dengan ditandai munculnya zona hambat disekitar kertas cakram dan dikategorikan memiliki daya hambat lemah. Uji fitokimia pada ekstrak spons ini menunjukkan adanya metabolit sekunder yaitu flavonoid, alkoloid, tripenoid, dan Steroid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurama, Dewi Fortunadewidenara@gmail.comH74218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Callyspongia vaginalis; spons; vibrio harveyi; bakteri simbion; metabolit sekunder
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Dewi Fortuna Nurama
Date Deposited: 15 Nov 2023 05:48
Last Modified: 15 Nov 2023 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65523

Actions (login required)

View Item View Item