Kontribusi Sentra Kuliner Kavling DPR bagi peningkatan perekonomian Warga Pagerwojo Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Rusli (2023) Kontribusi Sentra Kuliner Kavling DPR bagi peningkatan perekonomian Warga Pagerwojo Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rusli Muhammad_G01218021 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Untuk tumbuh pesat, suatu negara harus memilih satu atau lebih pusat pertumbuhan regional dengan potensi terbesar. Aglomerasi mampu menyediakan keuntungan eksternal baik berupa penekanan anggaran atau peningkatan potensi pasar bagi para pengusaha yang beroperasi di pusat industri tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi untuk mengumpulkan data yang mana terdiri dari studi dokumen, wawancara yang mendalam, serta observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpusatnya berbagai industri atau usaha dalam satu tempat yang sama dapat menjadi salah satu opsi cara guna menekan angka pengangguran. Seiring banyaknya industri atau usaha yang terpusat di satu tempat, maka semakin banyak pula jumlah angkatan kerja yang terserap di kawasan tersebut. Kehadiran sentra kuliner di Kavling DPR memicu munculnya usaha lain yang berkaitan dengan kuliner misalnya seperti menjual es batu kristal, gelas plastik, minuman dalam kemasan, dan semacamnya. Tidak sedikit pula yang membuka usaha kuliner lain seperti warung makan rumahan guna menyediakan makanan bagi para karyawan yang bekerja di kawasan tersebut. Hadirnya sentra kuliner kavling DPR Desa Pagerwojo memiliki peran penting terhadap peningkatan pendapatan pedagang kaki lima dan usaha skala mikro kecil. Seiring meningkatnya jumlah penduduk baik di Desa Pagerwojo maupun desa tetangga dan banyaknya pengunjung yang mengunjungi sentra kuliner menjadi keuntungan sendiri bagi para pedagang kaki lima maupun usaha mikro kecil yang berada di Desa Pagerwojo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan segala pihak mampu bekerja sama guna perkembangan dan keberlanjutan sentra kuliner. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan pemicu bagi munculnya aglomerasi industri di daerah lain, tidak hanya di Kabupaten Sidoarjo namun di seluruh Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Ruslirusli230999@gmail.comG01218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Ekonomi
Keywords: Aglomerasi; sentra usaha; kuliner; pengangguran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rusli Muhammad
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:47
Last Modified: 27 Sep 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65533

Actions (login required)

View Item View Item