Implementasi green economy pada UMKM kampung pia Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsvendo, Dimas (2022) Implementasi green economy pada UMKM kampung pia Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Arsvendo_G71218034.pdf

Download (10MB)

Abstract

Perekonomian dipengaruhi oleh berbagai sektor salah satunya yakni lingkungan. Faktor tersebut seringkali diabaikan dengan dalih efektifitas dan efisiensi dalam rangka pertumbuhan ekonomi. Green Economy hadir sebagai solusi menuju pembangunan berkelanjutan yang memberikan keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan. Jumlah UMKM yang cukup banyak berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi green economy pada UMKM Kampung Pia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori green economy yang dilihat dari variabel ekonomi, sosial dan lingkungan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa green economy pada UMKM Kampung Pia telah diterapkan dengan baik namun masih belum optimal. Hal tersebut dilihat melalui tiga indikator yaitu kesejahteraan ekonomi masyarakat meningkat, adanya kesetaraan sosial dan pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh UMKM. Faktor pendukung adanya implementasi green economy pada UMKM Kampung Pia antara lain tingkat religius, tingkat pendapatan, budaya masyarakat setempat dan pembinaan. Adapun faktor penghambat dalam mengimplementasikan green economy yakni pengetahuan, penegakan aturan dan pengawasan, keterbatasan sumber daya dan ketergantungan masyarakat akan penggunaan plastik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsvendo, Dimasarsvendodimas09@gmail.comG71218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Ekonomi
Keywords: Green economy; pembangunan berkelanjutan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Dimas Arsvendo
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:31
Last Modified: 27 Sep 2023 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65546

Actions (login required)

View Item View Item