Penguatan kapasitas masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir melalui kelompok destana (desa tangguh bencana) di desa Morowudi kecamatan Cerme kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Andi Anugrah (2023) Penguatan kapasitas masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir melalui kelompok destana (desa tangguh bencana) di desa Morowudi kecamatan Cerme kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andi Anugrah Maharani_B52219046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir Melalui Kelompok Destana di Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Skripsi ini membahas mengenai rendahnya kapasitas masyarakat Desa Morowudi dalam menghadapi bencana banjir. Banjir yang terjadi setiap tahun akibat intensitas hujan yang tinggi sehingga meluapnya sungai Kali Lamong. Hal ini menyebabkan gangguan pada kesehatan masyarakat, kerusakan lingkungan serta kerugian pada sektor sosial dan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Participatory Action Research (PAR). Proses penelitian sepenuhnya melibatkan masyarakat Desa Morowudi mulai dari penggalian informasi, merumuskan masalah, sampai pada merencanakan program aksi. Strategi yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara semi terstruktur, Fokus Group Discussion (FGD), mapping, atau pemetaan serta penelusuran wilayah (Transect). Kegiatan-kegiatan untuk membangun kemampuan mereka dihasilkan sebagai hasil dari proses penelitian dan pendampingan di Desa Morowudi, antara lain edukasi dalam bentuk sosialisasi penanggulangan bencana dan simulasi bencana banjir, kemudian revitalisasi kelompok masyarakat DESTANA, serta membantu masyarakat dalam mengajukan kebijakan Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) kepada pemerintah desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Andi Anugrahmaharanianugrah214@gmail.comB52219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Bencana alam
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: penguatan kapasitas, pengurangan risiko bencana, bencana banjir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Andi Anugrah Maharani
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:32
Last Modified: 29 Sep 2023 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65548

Actions (login required)

View Item View Item