Efektivitas program pelatihan kerja bidang bisnis dan manajemen di balai latihan kerja Surabaya dalam upaya pengentasan pengangguran di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zafira, Meyta Fiola (2023) Efektivitas program pelatihan kerja bidang bisnis dan manajemen di balai latihan kerja Surabaya dalam upaya pengentasan pengangguran di kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meyta Fiola Zafira_G01219018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kuantitas sumber daya manusia yang terus bertambah di Indonesia harus diimbangi dengan adanya penciptaan lapangan pekerjaan. Balai Latihan Kerja Surabaya merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengasah skill guna bersaing di dunia kerja serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Peneliti akan membahas dalam Skripsi ini yang berjudul “Efektivitas Program Pelatihan Kerja Bidang Bisnis dan Manajemen di Balai Latihan Kerja Surabaya Dalam Upaya Mengentaskan Pengangguran di Kota Surabaya” bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pelatihan serta bagaimana implementasi program pelatihan dalam dalam upaya mengentaskan pengangguran. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil kuisioner dan data sekunder yang berasal dari Balai Latihan Kerja Surabaya. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara bersama pegawai Balai Latihan Kerja serta peserta pelatihan bidang bisnis dan manajemen di Balai Latihan kerja Surabaya, pengajuan kuisioner kepada peserta pelatihan bidang bisnis dan manajemen dengan menggunakan perhitungan skala likert, serta observasi dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa peserta pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja telah mengikuti tahapan-tahapan pelaksanaan program Balai Latihan Kerja Surabaya dengan baik yang dimulai dari pendaftaran, seleksi, pelatihan, sertifikasi dan monitoring. Efektivitas program peatihan bidang bisnis dan manajemen ditentukan dengan beberapa indikator diantaranya reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Terdapat 39,29% peserta pelatihan telah terserap dalam pasar kerja dan berwirausaha setelah mengikuti pelatihan pada bidang bisnis dan manajemen. Serta hasil persentase yang diperoleh sebesar 94,02% menunjukkan bahwa sangat efektif adanya program pelatihan bisnis dan manajemen di Balai Latihan Kerja Surabaya dalam pengentasan pengangguran di Kota Surabaya. Adapun saran yang dapat diberikan sebagai pedoman kepada Balai Latihan Kerja Surabaya adalah untuk terus memperbarui fasilitas pada program pelatihan bidang bisnis dan manajemen guna menunjang peserta pelatihan selama pembelajaran berlangsung, serta mempertahankan program pelatihan di Balai Latihan Kerja Surabaya yang telah berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zafira, Meyta Fiolameytafiolazafira12@gmail.comG01219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDUtami, Hapsari Wijihapsarihap@yahoo.com2108038604
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pengangguran
Keywords: Efektivitas; program pelatihan; balai latihan kerja; peserta pelatihan; pengangguran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: meyta fiola zafira
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:23
Last Modified: 29 Sep 2023 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65549

Actions (login required)

View Item View Item