Retorika khutbah dr. KH. A. Musta’in syafi’i di media sosial youtube masjid Al Akbar TV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Asa (2023) Retorika khutbah dr. KH. A. Musta’in syafi’i di media sosial youtube masjid Al Akbar TV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asa Nabilah_B91219087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan retorika yang digunakan Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i dalam khutbahnya di media sosial Youtube. Dengan berfokus pada masalah gaya bahasa serta gaya suara menurut teori dari Gorys Keraf yang kyai Ta’in lakukan ketika berkhutbah mengenai materi yang berjudul Rahasia Hidup di umur 40 tahun. Dari penjelasan di atas, maka penulis mengidentifikasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh data dan menganalisis dengan teori Gorys Keraf. Selain itu, dalam retorika nya menganut konsep pada teori Aristoteles yakni ethos, pathos dan logos. Dalam penelitian retorika ini berfokus dalam meneliti gaya bahasa dan suara dari tokoh yang diteliti. Kemudian dapatlah hasil bahwa gaya bahasa yang dipakai oleh Dr. KH. Musta’in Syafi’i saat berkutbah adalah klimaks, anti klimats, paralelisme, antithesis, dan repetisi. Sedangkan hasil analisis dalam gaya suara yang beliau keluarkan adalah meliputi semua macam bentuk gaya suara sesuai dengan teori dari Gorys Keraf. Akan tetapi, yang mendominasi adalah gaya suara menengah, yakni menimbulkan ketenangan dan kedamaian oleh orang yang mendengarkan. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya yakni diharapkan agar bisa lebih mengembangkan penelitian ini dikemas dengan sesuatu yang berbeda. Sehingga lebih menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Asaasanabilah003@gmail.comB91219087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Budaya - Agama
Hukum Islam
Komunikasi Islam
Keywords: Retorika, Gorys Keraf, Khutbah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: asa nabilah
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:36
Last Modified: 27 Sep 2023 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65553

Actions (login required)

View Item View Item