Pengaruh luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani padi di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Laily Shohifatus (2023) Pengaruh luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani padi di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Shohifatus Sa'diyah_G01219015 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yang ditransformasikan ke logaritma natural. Pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial variabel luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani padi. (2) Secara simultan variabel luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi. Saran dari penelitian ini untuk petani padi diharapkan dapat terus menambah pengetahuannya tentang usahatani padi agar tetap dapat mengelola faktor produksi padi secara efisien dan efektif. Serta bagi pemerintah dapat memberikan pelatihan atau penyuluhan bagi petani padi agar produksi padi para petani dapat semakin meningkat yang kemudian dapat meningkatkan pendapatan petani untuk kesejahteraan hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Laily Shohifatuslailyshohifatus20@gmail.comG01219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Masyarakat
Tenaga Kerja
Keywords: Biaya produksi; luas lahan; pendapatan; tenaga kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Laily Shohifatus Sa'diyah
Date Deposited: 19 Sep 2023 12:27
Last Modified: 19 Sep 2023 12:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65557

Actions (login required)

View Item View Item